Berita - Universitas Muhammadiyah Surabaya

Artikel

UMSurabaya Raih Medali Emas di Thailand

  • Di Publikasikan Pada: 11 Feb 2019
  • Oleh: Admin

Salah satu masalah yang terus menghantui pembangunan petani Indonesia adalah perubahan iklim yang tak menentu dan sempitnya penguasaan lahan. Perubahan iklim itu sendiri akan berakibat pada proses pertumbuhan dan fotosintesis tanaman yang seharusnya dapat tumbuh dengan subur serta dapat menghasilkan buah setiap musimnya. Lahan garapan sempit tentu petani juga akan mendapat penghasilan terbatas dan membuat tingkat kesejahteraannya di bawah. Petani dengan penghasilan yang kecil dan terbatas tentu akan sulit untuk mengembangkan skala usahataninya. Masalah ini masih terus mengakar dan menjadi pekerjaan rumah seluruh stakeholder terkait untuk membangun pertanian Indonesia lebih maju.

Namun, petani saat ini tidak perlu merasa kebingungan lagi lima mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) menciptkan inovasi baru untuk menanggulangi keresahan para petani tersebut. Alat inovasi tersebut diberi nama dengan Lentera Fotosintesis, alat tersebut merupakan produk inovasi di bidang modern agricultural yang memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman serta dapat digunakan pada tanaman musiman agar dapat tumbuh dan menghasilkan buah disetiap musimnya. Alat ini dapat digunakan pada pertanian didalam gedung bertingkat sehingga petani dapat memaksimalkan lahannya. Untuk kedepannya alat ini akan dikombinasikan dengan solar sel, sehingga lebih efisien dan memudahkan petani dalam mengontrol penggunaan listrik.

 

Selain itu inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa UMSurabaya tersebut telah berhasil mendapatkan medali emas dalam International Intellectual Propety, Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) 2019 di Thailand yang diselenggarakan selama tanggal 01 hingga 07 Februari 2019 kemarin. [Red. Foto : Humas UMSurabaya]