Berita - Universitas Muhammadiyah Surabaya

Artikel

UMSurabaya Kampus Sejuta Inovasi

  • Di Publikasikan Pada: 17 Jul 2019
  • Oleh: Admin

Menjadi salah satu kampus terbaik di Jawa timur dengan tagline Kampus Sejuta Inovasi, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) tidak henti-hentinya mendorong mahasiswa untuk melahirkan inovasi. Berbagai prestasi dan inovasi telah ditorehkan dan dilahirkan. Salah satu kesempatan UMSurabaya untuk menstimulus mahasiswanya berinovasi adalah melalui Program Kreatvitas Mahasiswa (PKM). Progam ini diadakan oleh Kemenristekdikti setiap tahunnya.  Dan, tahun ini ada sembilan proposal PKM yang didanai Kemenristekdikti.

Adapun beberapa produknya adalah sebagai berikut:

1.       VIEFRESH : Inovasi penghilang bau dari tanaman Lidah Mertua

Viefresh adalah singkatan dari Sansevieria Fresh di mana produk ini berbahan dasar Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata P.). Produk ini berbentuk padat dan berwarna hitam. Warna hitam dari produk Viefresh dikarenakan terdapat tambahan arang alami untuk memadatkan produk serta menambah efektifitas penyerapan bau tidak sedap pada kulkas. VIEFRESH berbentuk bulat lonjong dengan diameter kurang lebih 10 cm dan ketebalan kurang lebih 3 cm.

Produk Viefresh ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan tanaman hias yang dijadikan sebagai penyerap bau tidak sedap pada kulkas sehingga menjadikan tanaman hias lidah mertua memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan mampu memperoleh keuntungan yang cukup menjanjikan

2.       KRESKANGGO : Tas Kreatif dari karung goni

Ide KRESKANGGO lahir untuk merubah pandangan masyarakat tentang fungsi dan kegunaan karung goni bekas bisa dirubah dari karung goni bekas menjadi sebuah tas dengan berbagai fungsi dan bentuk yang unik, elegan juga kreatif, sehingga masyarakat beralih menggunakan karung goni sebagai tempat atau wadah belanjaan, barang-barang yang berharga dan terlihat elegan ketika memakainya dan tidak lagi merasa gengsi atau malu membawanya berpergian.

Produk ini dinamakan Kreskanggo (kreatifitas tas karung goni) dimana produk ini nantinya akan berbeda dengan produk-produk kerajinan tas yang serupa. Produk KRESKANGGO akan lebih memiliki desain yang unik dan warna-warna yang menarik.

Produk tas Kreskanggo bertujuan untuk memadukan karya seni degan olahan sampah daur ulang, orientasi produk ini terletak pada pengolahan limbah karung goni yang dibuat unik dan bernilai estetis, tanpa mengurangi kealamian dari bahan dasarnya itu sendiri yaitu karung goni. Keunggulan produk ini adalah terletak pada keunikan dan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli.

3.       KEPOO: Kue Pudak Otak-Otak (KEPO)

Kepoo merupakan paduan tepung beras (bahan utama pudak) dengan ikan bandeng (bahan utama otak-otak) kaya gizi yang praktis. Dengan pengemasan yang rapi, produk ini diharapkan mampu menjawab masalah kebutuhan pangan kaya gizi melalui gerakan memasyarakat makan ikan dan sekaligus melestarikan pangan lokal. Apalagi, Kepoo (Kue Pudak Otak-Otak) adalah produk makanan inovasi yang tidak dapat ditemukan di sembarang tempat, bahkan di Kota Gresik sendiri.

Produk Kepoo (Kue Pudak Otak-Otak) menjanjikan perolehan profit Selain menawarkan rasa baru makanan khas Kota Gresik tanpa bahan pengawet dan melestarikan makanan lokal kaya gizi, Kepoo juga dapat mengedukasi masyarakat tentang jenis ikan dan nutrisinya, mendorong masyarakat supaya gemar mengonsumsi ikan, dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan gizi. Keunggulan tersebut dapat dijadikan sebagai nilai tambah “Kepoo” (Kue Pudak Otak-Otak) dalam bersaing dengan produk makanan olahan lain

4.       SARANG INFUS: Inovasi sarung tangan infus untuk anak

Nama produk ini, SARANG INFUS, mewakili fungsinya yaitu sebagai penutup atau pelindung infus. SARANG INFUS adalah kepanjanganb dari Sarung Tangan Infus. Sarang Tangan ini dibuat dari bahan dasar katun, spons dan duplek sebagai bahan pengeras dengan perekat di sisi bawah sebagai pengunci. Salah satu fungsinya hampir sama dengan produk yang sudah ada di pasaran akan tetapi dalam penggunanya masih belum dapat memenuhi fungsi pengurangan hospitalisasi pada anak.

Produk kami dengan desain khas dan belum ada di pasaran memiliki fungsi ganda dari produk yang sudah ada, yaitu mengurangi resiko infeksi dengan bantuan spalk dan prekat sebagai pengunci pergerakan sendi anak dan motif produk bergambar yang membuat ketertarikan pada anak-anak dalam pemasangan infus sehingga dapat mengurangi stress hospitaliasi pada anak. Dengan demikian nilai fungsi dan inovasi dari produk sarung tangan infus dapat meningkatkan nilai jual dalam proses penjualan nya

5.       KLIK2: Kebaya dari limbah kerang

Produk yang dinamai dengan sebutan KLIK2 adalah sebuah produk busana kebaya modern islami yang dikombinasikan dengan hasil daur ulang limbah kerang sebagai pengganti manik-manik. Jadi, manik-manik seperti borci maupun sejenisnya akan diganti dengan aneka jenis kerang kecil maupun besar sesuai keinginan, juga pastinya telah dibersihkan dan dipoles sedemikian rupa hingga terlihat cantik dan mengkilat.

KLIK2 didesain mengikuti perkembangan trend terbaru, dengan tetap menjunjung tinggi kekhasan dari kebaya itu sendiri dan citra anggun nan santun yang dipancarkan dalam busana kebaya.

 Rektor UMSurabaya, Dr. dr. Sukadiono, M.M memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang proposal PKM nya telah didanai Kemenristekdikti. Menurutnya, prestasi yang ditorehkan ini sebagai penanda bahwa mahasiswa-mahasiswa tersebut telah menjadi pelopor dari Kampus Sejuta Inovasi. 

“Menjadi mahasiswa Inovator artinya telah menjiwai tagline kampus ini (UMSurabaya) sebagai kampus Sejuta Inovasi” tutur Suko, panggilan akrab Rektor UMSurabaya

“Jadi, saya ucapkan selamat kepada mahasiswa yang PKM nya lolos dan didanai oleh Kemenristekdikit. Semoga ini dapat memicu mahasiswa UMSurabaya untuk berinovasi dan berprestasi” Pesan Rektor UMSurabaya