Berita - Universitas Muhammadiyah Surabaya

Artikel

Run For Peace; Gerakan Kurangi Sampah Plastik

  • Di Publikasikan Pada: 13 Sep 2019
  • Oleh: Admin

Surabaya (13/09) — Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan kegiatan berlari dan berkampanye kurangi sampah plastik yang disebut dengan Run For Peace. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru beserta Rektor serta jajaran pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan di UM Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik untuk masa depan  bumi yang lebih baik. 

Mahasiswa Baru UMSurabaya berani memulai suatu gerakan yang disebut Operasi Plastik, yaitu mendatangi rumah warga di area Sutorejo untuk menyumbangkan sampah plastik dan akan diganti dengan totebag ramah lingkungan. Kemudian sampah yang terkumpul akan diolah menjadi produk eco bricks, furniture dengan ragam bentuk seperti meja ,kursi, tempat sandaran, dan barang berguna lainnya. 

Rektor UM surabaya D.dr. Sukadiono, MM. Menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memunculkan kesadaran civitas akademika UM Surabaya dalam memerangi sampah plastik, "ini sebagai strategis jitu untuk membentuk budaya anti palstik dalam kehidupan sehari-hari. Kedepan, upaya perangi sampah plastik ini akan kami lakukan secara rutin sehingga betul betul menjadi kesadaran untuk mengurangi sampah plastik didunia. 

Sukadiono, sapaan akrabnya, juga mengatakan akan mengapresiasi segala upaya kreatif yang dilakukan oleh maba UM Surabaya dalam pembuatan eco bricks. “harapannya produk-produk eco bricks tidak hanya dibuat sebagai proyek kreatif mahasiswa, lebih dari itu kedepan mampu mendorong kegiatan yang ramah lingkungan,” imbuhnya. 

Kepala BAKA UM Surabaya, Junaedi Fery Effendi, M. Pd juga mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadikan mahasiswa tidak apatis terhadap isuisu lingkungan hidup. “Konsep kegiatan ini merupakan model pengenalan kampus yang ramah lingkungan.” ujarnya

Menurut Nurul Fadilah, mahasiswa baru program studi D3 Keperawatan mengatakan bahwa kegiatan Run For Peace ini sangat bagus untuk teman-teman mahasiswa baru karena dapat menumbuhkan kesadaran untuk meminimalisir sampah plastik. “Kegiatannya sudah bagus, dapat menumbuhkan rasa untuk mencintai lingkungan dan mengurangi sampah plastik. Akan lebih bagus lagi kalau daerah persebaran kegiatan ini diperluas lagi agar lebih efektif,” imbuhnya. (skt)