Berita - Universitas Muhammadiyah Surabaya

Artikel

Produk Inovasi Mahasiswa UM Surabaya Raih Juara

  • Di Publikasikan Pada: 16 Oct 2019
  • Oleh: Admin

UM Surabaya — Rabu (16/09), Kampus Sejuta Inovasi, Universitas Muhammadiyah Surabaya berhasil menambah satu prestasi lagi. Universitas Muhammadiyah Surabaya memang kampus yang selalu memberikan ruang bagi mahasiswa untuk berinovasi, kampus ini tidak henti-hentinya mendorong mahasiswanya untuk berpikir inovatif dan terus berkarya.

Dua kelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya raih dua medali emas dan satu penghargaan spesial IFIA (Internasional Feederation of Invertor's Association) pada event The 6th Internasional Young Inventors Award (IYIA) dan The 2nd World Invention Technology Expo (WINTEX) 2019 yang diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA). Acara megah ini diadakan di Grand Balroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah pada tanggal 09-12 Oktober 2019.

Produk Inovasi Mahasiswa UM Surabaya yang menghantarkan UM Surabaya menorehkan prestasi di tingkat Nasional dan Internasional ada tiga produk. Yang pertama, SWIPE (Smart Wireless Stethoscope). Produk ini berhasil mendapatkan medali emas dan merupakan satu-satunya produk dari peserta Indonesia yang mendapat penghargaan spesial dari IFIA (Internasional Feederation of Invertor's Association). Produk ini dapat mendengarkan dan menginterpretasikan suara jantung secara bersama-sama. Kelebihan dari produk ini adalah terdapat fitur bluetooth yang membantu proses kerjanya. Yang kedua, Goldarhes, produk ini berhasil mendapatkan medali emas. Produk ini dapat mendeteksi golongan darah dan rhesus dengan berbasis android dan sensor cahaya yang dapat menjadi solusi di daerah yang terdampak bencana. Yang ketiga, TESPI OM (Test Pack Sapi Otomatis Mikrontoller. Produk ini menyabet juara dua di ajang LKTI Jember. Produk ini dapat mendeteksi kehamilan sapi yang memanfaatkan perubahan warna yang dihasilkan dari reaksi kimia antara urine sapi dengan reagen.

Rektor UM Surabaya, Dr. dr. Sukadiono, M.M, memberikan apresiasi atas hasil yang telah dicapai oleh tiga kelompok mahasiswa yang berhasil menorehkan prestasi baru di UM Surabaya.

“Inovasi adalah ruh kampus, khususnya UM Surabaya dengan tagline Kampus Sejuta Inovasi. Mahasiswa harus mau berinovasi, dan sekarang kita sudah melihat sendiri bahwa mahasiswa UM Surabaya adalah inovator yang mampu berinovasi.,” ujar Rektor UM Surabaya.

“Jadi, saya ucapkan selamat kepada kelompok-kelompok perwakilan mahasiswa UM Surabaya karena berhasil mendapatkan medali emas, penghargaan spesial, dan juara dua. Semoga ini dapat memicu mahasiswa UM Surabaya yang lainnya untuk berinovasi dan berprestasi.,” tambahnya. (skt)