Berita - Universitas Muhammadiyah Surabaya

Artikel

MOX 2019 berani memulai dari sekarang

  • Di Publikasikan Pada: 05 Sep 2019
  • Oleh: Admin

(05/09) sejak pukul 08.00 halaman UM Surabaya telah dipadati oleh mahasiswa baru tahun ajaran 2019-2020. Kedatangan mahasiswa baru bukan lain dikarenakan hari ini akan dilaksanakan Technical Meeting MOX 2019. Melangsungkan tema berani memulai, terdapat perbedaan yang lumayan signifikan antara MOX tahun lalu dengan sekarang. Menurut Musayyidatul Umma selaku ketua pelaksana MOX 2019 yang di maksud dari berani memulai, pihak Universitas menginginkan adanya keberanian mahasiswa dalam memulai segala sesuatu apapun dalam lingkup yang positif. Contoh besarnya MOX 2019 mahasiswa baru tidak diperkenankan membawa atau mengkonsumsi air minum botol plastik. Sebagai gantinya mahasiswa baru diperkenankan membawa botol minum pribadi dari rumah dan pihak kampus memfasilitasi air mineral galon untuk isi ulang.

Satu perubahan yang masih dianggap tabu oleh banyak masyarakat akan diterapkan oleh seluruh mahasiswa baru UM Surabaya yang berjumlah 2200 sampai acara MOX 2019 berakhir. Hal tersebut memang dikaitkan dari program pemerintah untuk memulai aksi mengurangi konsumsi sampah plastik. Sebenernya, sebagian besar perubahan antara MOX tahun lalu dan sekarang terdapat dalam segi konsep. Tahun ini UM Surabaya mencoba menghilangkan koreo-koreo yang pernah diterpakan. Belajar dari pengalaman sebelumnya, pembuatan koreo malah akan menimbulkan sampah yang tidak sedikit karena itu beralihnya konsep diharapkan mahasiswa membawa dampak positif kepada masyarakat agar masyarakat lebih peka terhadap lingkungannya.

Selain menerapkan program mengurangi sampah plastik, mahasiswa baru UM Surabaya akan diajak bermain game edukasi dengan misi penyelamatan lingkungan dan menciptakan lingkungan yang aman. Game tersebut dinamai si-Bima yang ber Icon si Morin. Dengan diadakannya game si-Bima pihak Universitas bermaksud mengenalkan teknologi dan perkembangan zaman melalui konten game yang berbau edukasi dan menghibur. (Asy)