Berita - Universitas Muhammadiyah Surabaya

Artikel

FISIOTERAPI SOLUSI KETEGANGAN OTOT SELAMA WFH MASA PANDEMI COVID-19

  • Di Publikasikan Pada: 15 Jun 2020
  • Oleh: Admin

Virus corona merupakan suatu virus yang menggemparkan dunia diawal tahun 2020. Virus ini ditemukan pada akhir tahun 2019 tepatnya di kota Wuhan, Tiongkok. Penyakit yang disebabkan oleh virus corona ini disebut corona virus disease 2019 atau lebih dikenal dengan covid-19. Sampai saat ini, bulan juni 2020 sudah dipastikan terdapat kurang lebih 200 negara di dunia yang terjangkit virus ini termasuk salah satunya adalah Indonesia. Indonesia merupakan negara yang terdampak akibat virus korona ini. Virus ini masuk ke Indonesia mulai awal maret 2020 dan sampai sekarang (juni 2020) sudah banyak pasien yang terpapar dan dinyatakan positif, bahkan sudah banyak yang meninggal meskipun juga ada yang sembuh.

Penularan virus korona yang sangat cepat menyebabkan banyak warga negara Indonesia yang terpapar. Dengan adanya kondisi ini maka pemerintah Indonesia memberikan beberapa solusi dan kebijakan untuk mencegah penularan virus korona ini, di antaranya adalah mengurangi kegiatan di luar termasuk menerapkan sistem bekerja dari rumah (work from home/ WFH). Work From Home (WFH) di Indonesia dimulai pada pertengahan maret 2020, jadi sampai saat ini sudah kerang lebih 3 bulan menjalani Work From Home (WFH).

Pada awal Work From Home (WFH) mungkin terasa menyenangkan, karena kita tidak perlu repot-repot untuk keluar rumah, berganti baju, dandan, naik kendaraan ke tempat kerja, dan lain-lain. Dengan adanya teknologi seperti Handphone, laptop, dan lain-lain kita bisa mengerjakan tugas kantor dari rumah, mengajar via online bagi guru dan dosen, dan kuliah online bagi pelajar dan mahasiswa yang semuanya cukup dilakukan di rumah saja. Itu semua merupakan keuntungan seseorang yang bekerja secara Work From Home (WFH), akan tetapi seirirng dengan berjalannya waktu yang tidak terasa sudah berjalan selama 3 bulan Work From Home (WFH) ini juga terdapat kerugian. Salah satunya adalah seseorang bisa kehilangan motivasi kerja, motivasi kuliah, motivasi belajar, dan masih banyak lagi motivasi yang lainnya. Alasan cukup beragam, misalnya suasana di rumah yang tidak seperti di kantor, suasana kerja yang tidak seperti yang diharapkan dan kendala-kendala lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan untuk Work From Home (WFH).

Berbagai keluhan tentang Work From Home (WFH) tersebut bisa memicu seseorang untuk timbul stress, ketegangan otot yang meningkat, dan masih banyak keluhan-keluhan lainnya akibat Work From Home (WFH). Terlalu lama duduk di depan laptop saat di rumah bisa menyebabkan peningkatan ketegangan otot terutama otot otot leher, bahu, lengan dan otot otot punggung. Ketegangan yang terlalu lama apabila tidak segera diatasi akan bisa menyebabkan keluhan seperti pusing, gliyeng dll. Hal ini disebabkan karena suplai oksigin dan nutrisi ke otak yang berkurang. Selain itu kondisi stres saat di rumah juga bisa menyebabkan penurunan sistem imun. Padahal sistem imun sangat diperlukan untuk melawan virus yang masuk termasuk virus corona, sehingga kita harus berupaya untuk meningkatkan sistem imunitas biar tidak mudah terjangkit penyakit khususnya covid-19.

Dalam menangani keluhan yang di sebabkan oleh Work From Home (WFH) tersebut, kami sebagai fisioterapi khususnya mempunyai beberapa tips atau metode untuk menghindari stress dan ketegangan otot selama di rumah. Dengan cara apa? Tentu dengan cara kita melakukan gerakan rileksasi/ peregangan dan olahraga/ latihan yang bisa dilakukan di rumah. Adapun latihan-latihan yang bisa dilakukan adalah : Latihan pemanasan, meliputi  gerakan 1: berjalan di tempat, Gerakan 2: kepala menoleh ke kanan dan kiri, menekuk kanan dan kiri, serta mengadah dan menunduk. Hitungan 8-10x tiap gerakan, Gerakan 3: pemanasan bisa juga dilakuakan dengan berlari-lari di sekitar rumah atau naik turun tangga selama 10 menit dengan tetap mengutamakan prinsip jaga jarak, hindari keramaian, dan hindari sentuhan.  Latihan inti (kekuatan otot), meliputi Gerakan 1: tangan ditekuk di depan dada kemudian dibuka sampai sejajar badan. Hitungan 8-10x hitungan, Gerakan 2: rentangkan kedua tangan lalu gerakkan ke belakang. Hitungan 8-10x hitungan, Gerakan 3: kedua tangan lurus ke depan lalu gerakkan ke atas. Hitungan 8-10x hitungan, Gerakan 4: untuk variasi bisa juga lakukan gerakan jongkok berdiri seperti squat. Hitungan 8-10x hitungan, Gerakan 5:   kedua siku ditekuk dengan kedua tangan mengepal di depan dada, lalu gerakkan ke samping secara bersamaan. Hitungan 8-10x hitungan.  Latihan peregangan, meliputi  Gerakan 1:  gerakan menarik nafas lalu ditiupkan pelan-pelan lewat mulut sambil diikuti gerakan tangan keatas dan kebawah, Gerakan 2: streching kepala ke kanan dan ke kiri secara bergantian (5x ke kanan dan 5x ke kiri). Sekali gerakan ditahan 8-10 detik, Gerakan 3: streching kaki bergantian dengan posisi duduk kaki lurus, tangan menarik jari-jari kaki  (lakukan secara bergantian). Sekali gerakan ditahan 8-10 detik.


Penulis : Atik Swandari

Dosen Fisioterapi FIK UMSurabaya