UM Surabaya Siap Bagikan 4000 Daging Kemasan Kaleng untuk Idul Adha

  • Beranda -
  • Berita -
  • UM Surabaya Siap Bagikan 4000 Daging Kemasan Kaleng untuk Idul Adha
Gambar Berita UM Surabaya Siap Bagikan 4000 Daging Kemasan Kaleng untuk Idul Adha
  • 08 Jul
  • 2022

Pengurus Takmir Masjid UM Surabaya menunjukkan olahan daging kemasan kaleng (Humas)

UM Surabaya Siap Bagikan 4000 Daging Kemasan Kaleng untuk Idul Adha

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Sabtu (9/7/22).

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) telah menyiapkan 4000 daging kemasan kaleng untuk perayaan Hari Raya Idul Adha.

M Febrianto selaku Takmir Masjid UM Surabaya mengatakan tahun ini UM Surabaya melalui kantor layanan Lazismu UM Surabaya telah menyiapakan 4000 olahan daging rendang  dalam bentuk kemasan kaleng.

“Hal ini dilakukan untuk menghindari wabah Penyakit Mulut Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak sapi dan kambing,”jelas Rian.

Menurut keterangannya, tahun ini ia menghimpun dana melalui kantor layanan Lazismu wilayah Jawa Timur.

“Dari Lazismu Jatim ini kemudian diolah menjadi daging rendang dalam kemasan kaleng,”jelasnya lagi.

Selanjutnya Rian menjelaskan produk daging kemasan kaleng ini rencananya akan didistribusikan ke seluruh warga kurang mampu di Jawa Timur. Masing-masing warga mendapatkan 2 kaleng daging kemasan hewan qurban dengan berat 220 gram/kaleng.

Menurutnya lagi, produk olahan daging kaleng kemasan dari hewan kurban sebenarnya telah dilakukan sejak dua tahun terakhir saat pandemi. Ia menegaskan keuntungan pengolahan daging menjadi rendang justru bisa dikonsumsi hingga 2 tahun. Hal ini sudah terbukti saat distribusi makanan untuk korban bencana semeru dan gempa di Malang.

“Ada sekitar 4000 daging kemasan kaleng. Ada 2 varian rasa rendang dan kornet daging yang rencananya akan diberikan ke masyarakat,”pungkasnya.