UM Surabaya Resmi Buka Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit

  • Beranda -
  • Berita -
  • UM Surabaya Resmi Buka Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit
Gambar Berita UM Surabaya Resmi Buka Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit
  • 06 Jun
  • 2023

Foto penyerahan SK Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit Kepada Rektor UM Surabaya (Humas)

UM Surabaya Resmi Buka Prodi Magister Administrasi Rumah Sakit

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) resmi membuka prodi baru Program Magister  Program Studi Administrasi Rumah Sakit.

Pembukaan prodi baru tersebut ditandai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nomor 452/E/O/2023 tentang izin pembukaan Program Studi Administrasi Rumah Sakit.

Dalam penyerahan SK yang diserahkan langsung oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VII  Prof. Dyah Sawitri kepada Rektor UM Surabaya, Sukadiono saat wisuda ke 49 Prodi ini menjadi prodi ke 36 di UM Surabaya.

Dalam sambutannya Dyah mengatakan hadirnya prodi baru di UM Surabaya akan menjadi peluang dalam membuka lapangan pekerjaan.

"Saya yakin Sumber Daya Manusia yang Unggul pada tahun 2045 dapat tercipta dari lulusan UM Surabaya,"ujar Dyah.

Sementara itu, Sukadiono mengatakan, izin pembukaan Program Studi Rumah Sakit Program Magister semakin menambah Prodi baru yang ada di Program Pascasarjana UM Surabaya.

"Saat ini ada empat Program Pascasarjana diantaranya; S2 Pendidikan Islam, S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S2 Hukum Ekonomi Syariah dan S2 Administrasi Rumah Sakit,"ujar Suko.

Ia berharap, terbitnya izin Program Studi Rumah Sakit akan menjadi katalisator lahirnya prodi-prodi baru yang lain di UM Surabaya.

Suko menegaskan dibukannya Prodi baru Administrasi Rumah Sakit di UM Surabaya merupakan bagian dari rencana pengembangan dan komitmen universitas untuk terus memberikan dan menghadirkan pelayanan akademik yang optimal serta disesuaikan dengan perkembangan dunia kesehatan. Suko menyebut, jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan dan peluang kerja yang tinggi.

“Prodi Administrasi Rumah Sakit akan dibuka pada tahun ajaran 2023/2024, tentu mengenai sumber daya, kami telah menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Kesiapan sarana prasarana juga telah dipersiapkan secara matang untuk proses pembelajaran,”tegas Suko lagi.

Menurut penjelasannya, jurusan administrasi rumah sakit merupakan jurusan yang secara khusus mempelajari mengenai sistem pengelolaan rumah sakit dan lembaga kesehatan, dengan mengeksplorasi ragam kajian mengenai kesehatan masyarakat, pengembangan proporsi mutu pelayanan tenaga kesehatan, hingga strategi pemasarannya.

“Saya yakin lulusan UM Surabaya, jurusan Administrasi Rumah Sakit akan menghasilkan tenaga terampil dan berpengetahuan pada bidang administrasi di industri rumah sakit,”pungkas Suko.