UM Surabaya Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Pakai Nilai UTBK 2024, Tak Perlu Tes Lagi

  • Beranda -
  • Berita -
  • UM Surabaya Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Pakai Nilai UTBK 2024, Tak Perlu Tes Lagi
Gambar Berita UM Surabaya Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Pakai Nilai UTBK 2024, Tak Perlu Tes Lagi
  • 14 Jun
  • 2024

Foto mahasiswa UM Surabaya (Humas)

UM Surabaya Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Pakai Nilai UTBK 2024, Tak Perlu Tes Lagi

Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes UTBK SNBT 2024 resmi diumumkan pada Kamis, 13 Juni pukul 15.00 WIB oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Selain pengumuman lolos seleksi, peserta juga bisa melihat skor UTBK 2024.

Bagi pendaftar yang mendaftar dan dinyatakan tidak lolos, calon mahasiswa tidak perlu khawatir. Pasalnya UM Surabaya memberikan kesempatan untuk menggunakan skor/nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat masuk.

Ma’ruf Sya’ban, Wakil Rektor III yang membidangi kemahasiswaan inovasi dan sumber daya manusia menjelaskan bahwa kebijakan ujian masuk menggunakan nilai UTBK di UM Surabaya sudah berjalan sejak enam tahun terakhir. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memudahkan para pendaftar dalam proses pendaftaran.

“Tes UTBK tentunya sangat akurat dan kredibel sehingga layak untuk mengukur kemampuan awal calon mahasiswa. Ada sekitar 29 jurusan di UM Surabaya yang bisa diakses melalui jalur UTBK,” jelas Ma’ruf Jumat (14/6/24)

Ma’ruf mengatakan bahwa seleksi masuk jalur UTBK juga bisa digunakan untuk 2 fakultas di UM Surabaya yakni Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)

Sementara itu, Radius Setiyawan, Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) menjelaskan secara detail ketentuan jalur UTBK. Teknis alur pendaftarannya tidak jauh berbeda dengan jalur regular, yang membedakan adalah pendaftar jalur UTBK dibebaskan dari ujian tulis apabila skor UTBK-nya sesuai dengan standard yang telah ditentukan.

“Pendaftar dapat menggunakan skor nilai UTBK dua tahun tahun terkahir 2023 dan 2024. Setelah melakukan pendaftaran online, pendaftar menyerahkan sertifikat skor UTBK, apabila dinyatakan lulus, pendaftar bisa langsung mengikuti serangkaian tes lanjutan.” jelas Radius.

Radius juga menjelaskan pendaftaran umum jalur UTBK dibuka hingga 31 Agustus mendatang. Sementara untuk FK dan FKG hingga 20 Juni mendatang. 

Sementara itu, untuk besaran biaya formulir UM Surabaya sebesar 350.000 dan Fakultas Kedokteran 500.000 Info selengkapnya pendaftar bisa mengakses website resmi um-surabaya.ac.id dan bisa berkonsultasi di nomor 085852446337 (WA/Telepon).