Respon Capaian Prestasi UM Surabaya di Banyak Bidang, UM Berau Lakukan Kunjungan

  • Beranda -
  • Berita -
  • Respon Capaian Prestasi UM Surabaya di Banyak Bidang, UM Berau Lakukan Kunjungan
Gambar Berita Respon Capaian Prestasi UM Surabaya di Banyak Bidang, UM Berau Lakukan Kunjungan
  • 08 Jun
  • 2022

Foto Rektor UM Surabaya dengan Rektor UM Berau (Dok:Humas)

Respon Capaian Prestasi UM Surabaya di Banyak Bidang, UM Berau Lakukan Kunjungan

UM Surabaya menerima kunjungan dari Univesitas Muhammadiyah Berau Kalimantan Timur dalam rangka optimalisasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penelitian, pengabdian masyarakat serta bertukar pengalaman terkait capaian prestasi  dan pelaksanaan aktivitas akademik. Rabu (8/6/22)

Maksud dalam kunjungan tersebut adalah sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan kelembagaan dengan mensinergikan kewenangan serta memanfaatkan sumber daya sesuai kapasitas yang dimiliki berdasarkan asas saling membantu, saling mendukung yang berkaitan dengan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan.

Kunjungan ini sebagai salah satu upaya kami dalam memperkuat kerja sama dengan perguruan tinggi Muhammadiyah di dalam negeri. Melihat capaian prestasi kemahasiswaan UM Surabaya , rasanya suatu kebanggaan jika bisa sinergi dan berkolaborasi,”tutur Syarifuuddin selaku rektor UM Berau.

Kunjungan sekaligus penandatanganan kerja sama ini ditanggapi positif oleh Sukadiono Rektor UM Surabaya secara langsung di gedung At-tauhid tower.

“Seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia sekarang harus mengembangkan iklim kolaborasi. Dengan kolaborasi akan mempercapat dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi Muhammadiyah. Baik itu kerja sama kemahasiswaan, penelitian, inovasi, pengabdian, peningkatan sumber daya manusia dan hal lainnya. Harapannya kolaborasi dengan UM Berau akan memiliki dampak yang besar bagi persyarikatan Muhammadiyah,”jelas Suko.

Menurut Suko ada beberapa ruang lingkup perjanjian kerjasama diantaranya pengembangan akreditasi, penguatan manajemen pengelolaan perguruan tinggi, penyelenggaraan pertukaran mahasiswa, peningkatan kompetensi dosen studi lanjut, penyelenggaraan join  seminar, workshop, penelitian pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah dan kegiatan ilmiah lainnya.

Suko juga merasa sangat senang atas kunjungan yang dilakukan oleh UM Berau dengan harapan memperkuat sinergi antar perguruan tinggi.

Suatu kebanggaan menerima kunjungan siang ini, apa yang bisa kami bantu dan apa yang bisa dikolaborasikan.”imbuhnya lagi.

Suko juga mempersilakan untuk mengadopsi kegiatan-kegiatan UM Surabaya untuk diterapkan di UM Berau jika itu memang sesuai dengan kebutuhan UM Berau. Dalam kunjungan tersebut banyak hal yang dibahas oleh kedua lembaga tersebut, mulai dari, optimalisasi kinerja lembaga serta kerja sama pengabdian, penulisan jurnal yang harapannya bisa dikolaborasikan guna meningkatkan kinerja serta kualitas masing-masing lembaga.