Pusat Bahasa UM Surabaya Gelar Pelatihan dan Prediction TOEFL & TOEIC Akbar untuk Siswa SMA hingga Mahasiswa

  • Beranda -
  • Berita -
  • Pusat Bahasa UM Surabaya Gelar Pelatihan dan Prediction TOEFL & TOEIC Akbar untuk Siswa SMA hingga Mahasiswa
Gambar Berita Pusat Bahasa UM Surabaya Gelar Pelatihan dan Prediction TOEFL & TOEIC Akbar untuk Siswa SMA hingga Mahasiswa
  • 03 Sep
  • 2024

Foto peserta tes TOEFL & TOEIC Akbar (Pusba UM Surabaya)

Pusat Bahasa UM Surabaya Gelar Pelatihan dan Prediction TOEFL & TOEIC Akbar untuk Siswa SMA hingga Mahasiswa

Pusat Bahasa (Pusba) Universitas Muhammadiyah Surabaya menggelar kegiatan TOEFL & TOEIC Prediction Akbar. TOEIC dan TOEFL sendiri adalah dua jenis tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris. Kedua tes ini jadi syarat untuk daftar kuliah atau bekerja di luar negeri. Kegiatan yang diselenggarakan 2 hari tersebut meliputi beberapa agenda. Pertama, pada Sabtu, 24 Agustus 2024 dilaksanakan pelatihan serentak secara online dan hari kedua Minggu, 25 Agustus 2024 dilaksanakan TOEFL & TOEIC Prediction Akbar baik secara online via zoom maupun offline di gedung At-Tauhid Tower kampus UMSurabaya.

Waode Hamsia Ketua Pusba UM Surabaya mengatakan, Test of English for International Communication (TOEIC) adalah sebuah tes yang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di lingkungan kerja, sedangkan TOEIC bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan dalam beberapa program studi di luar negeri yang mensyaratkan skor TOEIC minimal sebagai salah satu syarat penerimaan. Ia menjelaskan, tes ini berfokus pada Bahasa Inggris yang digunakan dalam berkomunikasi sehari-hari baik lisan maupun tulisan. Sedangkan, Test of English as Foreign Language (TOEFL) adalah sebuah tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris jika ingin melanjutkan studi di luar negeri. 

TOEFL juga dapat digunakan untuk melamar kerja di beberapa instansi. Tes ini berfokus pada Bahasa Inggris yang digunakan dalam dunia akademis seperti diskusi kelas, pembuatan tugas, dan lain-lain,”ujar Waode Selasa (3/9/24)

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang hadir mulai dari anak SMA/SMK Sederajat yang ingin mendaftar kuliah, mahasiswa sebagai persyaratan kelulusan, dan para pencari kerja yang melengkapi berkas untuk melamar pekerjaan. Dalam kegiatan TOEFL & TOEIC Prediction Akbar, Duta Bahasa (Dubas) ikut serta dalam membantu berjalannya kegiatan tersebut. Pusat Bahasa dan Duta Bahasa berkolaborasi dalam berjalannya acara ini mulai dari persiapan, dokumentasi, kerjasama dengan beberapa media partner untuk promosi, dan lain sebagainya.

“Sebelum tes dilaksanakan, kegiatan ini juga menghadirkan pemateri pelatihan kelas khusus belajar tips dan trik menjawab soal-soal TOEFL & TOEIC sehingga peserta sudah dalam keadaan siap untuk ikut tes,”imbuhnya lagi. 

Ia mengatakan, setelah tes dilaksanakan, seluruh tim Pusat Bahasa dan Duta Bahasa UMSurabaya bekerja secara cepat dalam pengkoreksian nilai, pembuatan sertifikat, hingga pengiriman e-sertifikat kepada seluruh peserta TOEFL & TOEIC Akbar Offline maupun Online.

“Kegiatan TOEFL & TOEIC Akbar oleh Pusat Bahasa UMSurabaya ini berkolaborasi dengan TOEIC ITC untuk memberikan voucher reward TOEIC secara gratis bagi 2 peserta nilai tertinggi,”pungkasnya.