Program Inovasi Mahasiswa 2022 UM Surabaya Kembali Digelar, Berikut Syaratnya

  • Beranda -
  • Berita -
  • Program Inovasi Mahasiswa 2022 UM Surabaya Kembali Digelar, Berikut Syaratnya
Gambar Berita Program Inovasi Mahasiswa 2022 UM Surabaya Kembali Digelar, Berikut Syaratnya
  • 26 Apr
  • 2022

Ilustrasi Program Kreatifitas Mahasiswa (PIM) 2022) (Dok: BAKAI)

Program Inovasi Mahasiswa 2022 UM Surabaya Kembali Digelar, Berikut Syaratnya

Program Inovasi Mahasiswa (PIM) tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) kembali digelar. Ajang bergengsi yang selalu ditunggu oleh mahasiswa yang memiliki inovasi tersebut telah dibuka pada 25 April hingga 25 Mei dengan mengusung tema inovasi kolaboratif.

Program Inovasi Mahasiswa (PIM) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) yang bertujuan untuk mengakomodasi ide kreatifitas dan inovasi mahasiswa.

Ma’ruf Sya’ban Wakil Rektor tiga yang membidangi bidang inovasi, sumber daya manusia, kemahasiswaan dan alumni menjelaskan bahwa Program Inovasi Mahasiswa (PIM) terbuka untuk seluruh mahasiswa UM Surabaya.

“Program inovasi mahasiswa ini mengintegrasikan tiga aspek penting yakni  inovasi, promosi dan pengabdian yang harapannya integrasi dari ketiganya dapat menghasilkan karya inovasi untuk mengatasi persoalan yang sedang dihadapi oleh masyarakat,”papar Ma’ruf saat ditemui diruangannya Selasa (26/4/22)

Ma’ruf juga berharap karya inovatif yang telah digagas oleh mahasiswa yang berupa prototype produk, alat atau aplikasi tepat guna memiliki dampak yang besar bagi masyarakat, seperti pada inovasi tahun-tahun sebelumnya.

“Dengan mengusung tema inovasi kolaboratif, PIM 2022 dilaksanakan berbasis kedaerahan, artinya kegitan ini melibatkan kolaborasi dengan siswa SMA di masing-masing daerah yang akan dilaksanakan secara hybrid dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat,”imbuhnya lagi.

Semenatara itu, peserta yang mengikuti ajang program inovasi mahasiswa akan melewati beberapa tahapan diantaranya pendaftaran proposal, seleski proposal tahap 1, pengumuman lolos proposal tahap 1, seleksi tahap 2 yakni dengan presentasi proposal, pengumuman proposal tahap 2, pembuatan produk inovasi, seleksi produk tahap 3 dilanjutkan pengumuman lolos produk tahap 3. Perbaikan produk inovasi, monev dan ekspedisi inovasi, penilaian produk inovasi melalui youtube dan yang terakhir final PIM pada Agustus mendatang.

Lebih lanjut lagi, Ma’ruf menambahkan bahwa kegiatan ini akan dilaksankan dengan konsep pameran 13 produk inovasi mahasiswa dan akan disaksikan oleh seluruh civitas akademika UM Surabaya, selanjutnya peserta akan melakukan presentasi di depan juri dengan penilaian secara objektif.

“Siapapun yang menjadi 3 terbaik nantinya, UM Surabaya akan memberikan penghargaan pada malam apresiasi di Gedung At-Tauhid Tower berupa dana pembinaan dan pemberian beasiswa,”pungkasnya.