Prodi Bahasa Inggris UM Surabaya Beri Pelatihan untuk Guru Panti Asuhan

  • Beranda -
  • Berita -
  • Prodi Bahasa Inggris UM Surabaya Beri Pelatihan untuk Guru Panti Asuhan
Gambar Berita Prodi Bahasa Inggris UM Surabaya Beri Pelatihan untuk Guru Panti Asuhan
  • 06 Apr
  • 2022

Foto pelatihan tingkatkan kemampuan bahasa inggris untuk guru panti asuhan (Dok: Pusba)

Prodi Bahasa Inggris UM Surabaya Beri Pelatihan untuk Guru Panti Asuhan

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) telah menyelesaikan pelatihan bahasa Inggris bagi guru-guru panti asuhan Muhammdiyah Se-Kota Surabaya. Hal ini berawal dari adanya kerjasama antara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Surabaya bersama Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PDM Kota Surabaya.

Pelatihan yang berlangsung satu minggu tersebut, dimulai tanggal 21 -26 Maret 2022. Sebelum pelatihan, guru-guru bahasa inggris panti asuhan dipetakan kemampuannya melalui placement test (tes awal). Dua puluh peserta yang mengikuti placement test kemudian dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas advance, intermediate 1 dan 2.

Vawaid pengajar panti asuhan dari kelas advance, menyatakan bahwa pelatihan ini bermanfaat khsusunya dalam hal strategi pengajaran.

“Bagi saya pelatihan ini tidak hanya dapat menambah wawasan peserta akan bahasa Inggris tetapi juga secara pribadi dapat meningkatkan kemampuan saya mengajar karena materi yang diberikan juga tentang strategi pengajaran bahasa Inggris,” tuturnya.

Sementara itu Fery perwakilan MPS kota Surabaya dalam sambutannya mengaku senang dan berterimakasih atas kerja keras para tim pengajar dari prodi bahasa Inggris.

“Saya berharap pelatihan yang telah dilaksanakan selama 12 kali pertemuan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris serta berguna bagi anak didik panti”, jelasnya.

Ratno Abidin Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dalam sambutannya menyampaikan bahwa FKIP UM Surabaya akan dengan senang hati bekerjasama dengan pihak MPS Kota Surabaya dalam kegiatan-kegiatan lainnya. Ia juga berharap terlaksananya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diharapkan tidak terhenti hanya pada kegiatan ini saja.

“Kami berharap bahwa pengabdian ini berlangsung terus sesuai dengan MoU yang telah disepakati” ucapnya saat memberikan sambutan.

Kegiatan pelatihan ini tidak hanya berguna bagi para pengasuh panti tetapi juga tim dosen Prodi Bahasa Inggris UM Surabaya. Sebagaimana tri dharma pendidikan tinggi, kegiatan ini menjadi wadah bagi pengabdian para dosen untuk masyarakat luas khususnya di lingkungan Muhammadiyah.