Perkuat Sinergi Dakwah, LDK PP Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan UM Surabaya

  • Beranda -
  • Berita -
  • Perkuat Sinergi Dakwah, LDK PP Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan UM Surabaya
Gambar Berita Perkuat Sinergi Dakwah, LDK PP Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan UM Surabaya
  • 14 Mar
  • 2022

Foto LDK PP Muhammadiyah dengan UM Surabaya di ruang rektorat (dok: FAI)

Perkuat Sinergi Dakwah, LDK PP Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan UM Surabaya

Bertempat di gedung At-Tauhid Tower lantai 13, UM Surabaya menerima kunjungan dari Lembaga Dakwah Khusus (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Senin (14/3/22).

Turut hadir dalam acara tersebut Ziyad selaku ketua LDK PPM beserta jajarannya didampingi oleh  Moh Arifin selaku Ketua LDK PWM Jatim beserta jajarannya. Kehadiran rombongan tersebut disambut hangat oleh Rektor UM Surabaya Sukadiono bersama jajarannya dan didampingi oleh Kepala LPAIK UM Surabaya dan Dekanat Fakultas Agama Islam (FAI).

Sukadiono dalam sambutannya menegaskan komitmennya sebagai pimpinan pada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) untuk terus mendukung dakwah persyarikatan. Menurutnya, amal usaha memiliki tugas untuk mensupport pengembangan syi’ar dakwah dengan berbagai cara.

“Dalam hal ini bisa dimulai dari menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten, hingga menunjang kebutuhan yang berkaitan dengan syi’ar. Misalnya dengan dukungan sarana-prasarana yang telah diberikan UM Surabaya kepada cabang, ranting, maupun berbagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di wilayah Surabaya dan sekitarnya,”Papar Suko dalam sambutannya.

Sementara itu, Ziyad selaku Ketua LDK PPM menyampaikan bahwa silaturrahim ini dilakukan selain momentum milad ke-38 UM Surabaya, juga untuk melakukan sinergi dakwah khususnya dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang memiliki Fakultas Agama Islam (FAI).

“Besar  harapannya, FAI UM Surabaya akan menjadi institusi yang mampu melahirkan kader-kader dakwah persyarikatan. Dakwah UM Surabaya tidak hanya melalui FAI, melainkan juga pesantren Ma’had Umar. Ini akan menjadi kawah candradimuka untuk mempersiapkan kader dakwah persyarikatan pada masa mendatang,”ujar Ziyad.

Ziyad menjelaskan agenda ini sebagai pembuka bagi agenda-agenda berikutnya. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan mendiskusikan hal-hal teknis yang dapat dilakukan sebagai bentuk sinergi dakwah antara LDK PP Muhammadiyah dengan UM Surabaya yang berkaitan dengan pengembangan dakwah persyarikatan.

Lebih lanjut lagi, Arin Setiyowati Kepala LPAIK UM Surabaya yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan upayanya untuk mendukung dakwah persyarikatan antara lain melalui program Kuliah Kerja Nyata-Pengembangan Cabang Ranting (KKN-PCR).

“LPAIK juga melakukan upaya untuk mendorong seluruh dosen dan mahasiswa di UM Surabaya untuk turut serta aktif menggerakkan cabang-ranting di tempat mereka berdomisili. Pengaktifan tersebut diawali dengan adanya kegiatan Baitul Arqom sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Majelis Pendidikan Kader (MPK) dan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah,”kata Arin.

Gandhung Fajar Panjalu Wakil Dekan I FAI menyampaikan berbagai program yang dilakukan Fakultas dan Prodi di FAI dalam rangka syiar dakwah. Yakni program Mahasiswa Kader Safari Ramadhan MAKARIM yang dilaksanakan oleh prodi Studi Agama-Agama, serta program Safari Mahasiswa Ramadhan SAMARA yang dilaksanakan oleh prodi Hukum Keluarga Islam kelas Ma’had ‘Umar. Kedua program tersebut dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah pada daerah 3T.

“Ke depannya, pola pengabdian yang menitikberatkan pada kewajiban mendampingi pembelajaran bahasa selama dua tahun setelah studi juga akan diberlakukan pada mahasiswa program Pendidikan Bahasa Arab kelas Ma’had ‘Umar,”tutupnya.