Marak Penipuan Pembelian iPhone, Pakar IT UM Surabaya: Begini Cara Membedakannya

  • Beranda -
  • Berita -
  • Marak Penipuan Pembelian iPhone, Pakar IT UM Surabaya: Begini Cara Membedakannya
Gambar Berita Marak Penipuan Pembelian iPhone, Pakar IT UM Surabaya: Begini Cara Membedakannya
  • 12 Jun
  • 2023

Apple iPhone 12 Pro Max Sumber : Engadget

Marak Penipuan Pembelian iPhone, Pakar IT UM Surabaya: Begini Cara Membedakannya

Baru baru ini  masyarakat mengaku menjadi korban penipuan Pre-Order (PO) iPhone yang dilakukan dua saudari kembar Rihana dan Rihani. Kasus ini ramai diperbincangkan di media sosial hingga viral. salah satunya twit yang berisi tentang alur perjalanan kasus penipuan PO dua saudari kembar tersebut dengan total kerugian korban mencapai Rp 35 miliar.

Ahli IT Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Taufiqur Rohman menyebut, jika seseorang terpaksa membeli di gerai lain atau olshop, maka  perlu mengetahui cara membedakan penjual iPhone asli dan palsu. Berikut cara membedakan penjual iPhone asli dan palsu :

Pertama, riset barang iPhone yang dibeli sebelum membeli, seseorang penting melakukan riset terlebih dahulu, hal ini penting untuk mengetahui ciri-ciri keaslian iPhone, ketersediaan stok di toko online lain, dan harga di pasaran hal ini dilakukan untuk menghindari penipuan. Apalagi, jika seseorang kurang memahami spesifikasi iPhone yang dibeli.

Kedua, perhatikan gambar produk iPhone. Berdasarkan hasil riset yang sudah dilakukan , seseorang bisa mengetahui juga keaslian dari gambar produk iPhone  yang ditawarkan di toko online.

“Jika terdapat perbedaan dari gambar yang satu dengan gambar lainnya, maka kita  boleh curiga terhadap keaslian barang yang ditawarkan. Apalagi, kalau harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari toko lain,”ujar Taufiq Senin (12/6/23)

Ketiga, cek deskripsi terlebih dahulu. Saat mencari iPhone yang dibutuhkan, sebaiknya seseorang membaca secara teliti keseluruhan deskripsi yang ada di olshop. Terkadang, apa yang terdapat pada gambar produk berbeda dengan kondisi asli iPhone,

Keempat, perhatikan ulasan pembeli. Selain deskripsi, seseorang juga bisa mengetahui kualitas dan keaslian iPhone dari ulasan para pembeli.  Meski begitu, berhati-hatilah dengan ulasan palsu yang ada di toko online tersebut.  

“Biasanya, ulasan palsu menggunakan kalimat berlebihan, yang tidak masuk akal dan gambar iPhone dari toko lain. Selain itu, mereka kerap menyebutkan nama produk secara berulang-ulang. Jadi, pastikan kita  jeli dan cermat,”imbuh Taufiq lagi.

Kelima, cek harga produk. Tidak semua harga murah sama dengan barang palsu. Namun, jangan sampai seseorang mudah tergiur karena harga yang lebih murah, seseorang  bisa melakukan perbandingan harga dengan penjual lain.

“Terlebih ketika harga yang ditawarkan ternyata di bawah pasaran, maka kita boleh lebih waspada dan mencurigai kalau produk tersebut adalah palsu dan memiliki kualitas rendah,”katanya.  

Keenam, pilih metode pembayaran yang tepat. Ketika membeli iPhone melalui platform olshop, hindari memakai metode pembayaran yang tidak jelas dan tidak tersedia pada pilihan marketplace tersebut.

“Pastikan kita   tidak langsung masuk membayar ke penjual, tetapi melalui perusahaan marketplace tersebut. Jika barang yang kita terima tidak sampai dan tidak sesuai, kita  tetap bisa mendapatkan jaminan uang kembali,”pungkas Taufiq. 


User Comment tantri.id

tantri.id

04 April 2024 10:04:30

wih informatif banget, biar gak salah beli HDC soalnya suka Bateri Healthnya drop tiba tiba

User Comment M. Asnan Mustakim

PTI UMSurabaya (admin.pti)

30 April 2024 10:54:19

Terima kasih