Kisah Unik Noval, Mahasiswa yang Berhasil jadi Dokter Hewan dan Dokter Umum

  • Beranda -
  • Berita -
  • Kisah Unik Noval, Mahasiswa yang Berhasil jadi Dokter Hewan dan Dokter Umum
Gambar Berita Kisah Unik Noval, Mahasiswa yang Berhasil jadi Dokter Hewan dan Dokter Umum
  • 31 Agu
  • 2024

Alfiansya Noval Siswanto mahasiswa yang berhasil jadi dokter hewan dan dokter umum (Humas)

Kisah Unik Noval, Mahasiswa yang Berhasil jadi Dokter Hewan dan Dokter Umum

Tak kenal lelah menuntut ilmu, itulah gambaran yang tepat untuk menggambarkan perjalanan Alfiansya Noval Siswanto, Pria kelahiran Banyuwangi, 16 November 1996 tersebut berhasil di wisuda di Fakultas Kedokteran UM Surabaya usai dirinya mengenyam studi S1 Pendidikan Dokter Hewan dan S2 Vaksinologi Imunoteraputika di Universitas Airlangga.

Noval sapaan akrabnya dikenal sebagai mahasiswa yang berprestasi di UM Surabaya, di tengah kesibukannya menjadi mahasiswa kedokteran dan dokter hewan di klinik, Noval rupanya juga memiliki segudang prestasi nasional-internasional.

Noval memiliki cita-cita menjadi dokter sejak kecil, namun pada tahun 2014 ia belum diterima di FK. Akhirnya ia berkuliah Kedokteran Hewan (S.Kh) Universitas Airlangga. Kemudian Noval melanjutkan pendidikan dan Profesi Dokter Hewan (drh) di Universitas Airlangga pada tahun 2020-2023.

“Awalnya udah kerja di klinik dokter hewan, namun ada kejadian yang mengubah hidup saya. Jadi saat nenek saya sakit saya merasa iba, karena tidak bisa membantu, padahal cucunya seorang dokter, karena pas rejeki orang tua ada, akhirnya saya memutuskan kuliah lagi di UM Surabaya,”ujar Noval.

Saat menjadi mahasiswa di UM Surabaya Noval aktif di organisasi kampus seperti BEM dan IMM. Tak hanya itu Noval juga aktif di organisasi luar kampus. Selama menjadi mahasiswa ia telah banyak melakukan penelitian tentang kesehatan. Pada tahun 2024 ia berhasil mendapatkan Silver Medal Thailand Inventor Day 2024 IPITEX.

“Entah bagaimana prosesnya saya memiliki ketertarikan yang sangat kuat untuk belajar dan hal-hal baru, rasanya ingin saya ikuti semua. Segala hal yang sifatnya bisa upgrade diri ingin saya ikuti,”imbuhnya.

Pada saat kuliah di UM Surabaya, Noval juga melanjutkan kuliah S2 di Universitas Airlangga dengan mengambil Magister Sains (M.Si) Vaksinologi Imunoteraputika dan baru lulus tahun 2023.

“Alhamdulillah bisa melewatinya dengan baik, meski agak bingung ketika tugasnya bebarengan, tapi semuanya bisa terlewati,”imbuhnya lagi. 

Saat ini Noval sedang profesi di salah satu rumah sakit di Lamongan, saat ditanya apa rencana selanjutnya. Noval mengatakan bahwa diriya akan mengambil spesialis bedah.

Saat ini noval bekerja sebagai dokter hewan di Happy Paw Pet Clinic dan juga sebagai staf pengajar di LBB Hippocampus.

“Mohon doanya semoga suatu saat bisa memiliki klinik untuk manusia juga klinik untuk hewan,”pungkasnya.