Kemahasiswaan UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Waktu Libur untuk Mahasiswa agar Tetap Produktif

  • Beranda -
  • Berita -
  • Kemahasiswaan UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Waktu Libur untuk Mahasiswa agar Tetap Produktif
Gambar Berita Kemahasiswaan UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Waktu Libur untuk Mahasiswa agar Tetap Produktif
  • 04 Agu
  • 2023

Ilustrasi gambar mahasiswa UM Surabaya (Dok: Humas)

Kemahasiswaan UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Waktu Libur untuk Mahasiswa agar Tetap Produktif

Libur kuliah merupakan momen yang ditunggu-tungu oleh mahasiswa, pada saat libur kuliah tentu aktivitas akademik yang berkaitan dengan kampus berubah 1800. Saat liburan semester biasanya kampus memberikan libur yang panjang. Ada banyak waktu yang bisa dilakukan mahasiswa sehingga liburan tetap produktif.

Kemahasiswaan UM Surabaya Khoirul Anam membagikan tips mengisi waktu libur agar tetap produktif untuk mahasiswa.

Pertama, menurut Khoirul yang harus dilakukan adalah mengembangkan hobi atau hal yang disukai. Hal ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan komitmen diri dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun kesehatan mental. Hobi yang dimiliki mahasiswa jika dikembangkan akan meningkatkan soft skill dan pengetahuan. Selain itu, hobi yang dimiliki dapat dilakukan dengan cara yang berbeda atau membuat variasi kegiatan sehingga tidak mudah bosan.

“Apabila hobi kita memiliki nilai jual yang tinggi, kita dapat mengembangkan hobi tersebut menjadi peluang usaha pada saat libur kuliah sehingga hobi tersebut dapat dikembangkan  menjadi peluang usaha yang dimiliki,”ujarnya Jumat (4/8/23)

Kedua, mengikuti kegiatan organisasi kemahasiswaan. Dalam dunia perkuliahan, tentu banyak sekali kegiatan di luar jadwal kuliah yang dapat memberi pengalaman baru seperti mengikuti organisasi kemahasiswaan. Kegiatan-kegiatan dalam organisasi kemahasiswaan dapat mengisi waktu luang yang dimiliki saat libur kuliah.

Menurut Khoirul, mengikuti organisasi kemahasiswaan dapat memberikan beberapa manfaat seperti memperluas jaringan, membentuk pola pikir yang lebih baik, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, melatih leadership, dan yang paling penting yaitu belajar manajemen waktu

“Manfaat-manfaat tersebut sangat penting dalam persiapan memasuki dunia kerja, selain itu kita juga dapat mempelajari keahlian khusus yang sesuai dengan tujuan organisasi,”imbuhnya.

Ketiga, menambah koleksi bacaan. Membaca buku pada waktu libur akan menghadirkan suasana yang berbeda, karena mahasiswa akan merasa lebih produktif dan mendapatkan pengetahuan. Pilih genre buku yang disukai agar tidak mudah bosan.

membaca dapat membantu mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan.

Keempat, menjaga kesehatan tubuh. Menjalankan aktivitas sehari-hari diperlukan tubuh yang sehat jasmani maupun rohani. Meskipun sedang liburan dan dalam zona nyaman, mahasiswa harus tetap menjaga pola hidup sehat seperti tidur yang cukup dan tidak begadang, menjaga pola makan, perbanyak minum air putih dan olahraga secara rutin.