Ikuti Jejak Rizky Ridho dan Ikhsan Zikrak, Komang Teguh Pemain Timnas U-23 Resmi Daftar Kuliah di UM Surabaya

  • Beranda -
  • Berita -
  • Ikuti Jejak Rizky Ridho dan Ikhsan Zikrak, Komang Teguh Pemain Timnas U-23 Resmi Daftar Kuliah di UM Surabaya
Gambar Berita Ikuti Jejak Rizky Ridho dan Ikhsan Zikrak, Komang Teguh Pemain Timnas U-23 Resmi Daftar Kuliah di UM Surabaya
  • 15 Agu
  • 2024

Foto Komang Teguh Trisnanda usai daftar kuliah di UM Surabaya (Humas)

Ikuti Jejak Rizky Ridho dan Ikhsan Zikrak, Komang Teguh Pemain Timnas U-23 Resmi Daftar Kuliah di UM Surabaya

Pemain Timnas U-23 Komang Teguh Trisnanda menambah daftar panjang atlet pesebakbola yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya). Komang menyusul rekannya Rizky Ridho Ramadhani dan Ikhsan Zikrak yang tercatat sebagai mahasiswa di UM Surabaya. Pria kelahiran Bali tersebut mengambil jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sama seperti Ridho dan Ikhsan.

Nama Komang terus melejit dalam sorotan sepak bola Indonesia setelah aksinya sebagai salah satu pahlawan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 Qatar. Dengan sundulannya ia berhasil menyelamatkan tim dari kekalahan melawan Australia. 

Komang mendaftar di UM Surabaya melalui jalur beasiswa atlet yang dibebaskan pembiayaan secara penuh. Menurut keterangannya ia mendapat info dari Ikhsan usai sehari Ikhsan mendaftar.

“Saya memang memiliki minat yang tinggi untuk pendidikan, tapi saya juga butuh kampus yang kurikulumnya mudah, yang kuliahnya bisa online, setelah tahu di UM Surabaya ada kurikulum khusus akhirnya saya tertarik,”ujar Komang Kamis (15/8/24

Pria yang kini tengah membela Borneo FC Samarinda di Liga 1 tersebut memiliki alasan tersendiri mengambil jurusan manajemen. Menurutnya menjadi atlet tidak bisa selamanya. Hanya sampai usia tiga puluhan. Sementara pendidikan dan ilmu pengetahuan akan bisa digunakan selamanya, meski telah pensiun menjadi atlet.

Saat ditanya bagaimana cara membagi waktu kuliah, Komang mengaku ia akan melakukan kuliah online ketika dirinya tidak ada jadwal latihan, bahkan jika ada kesempatan di Surabaya ia juga ingin mengikuti kuliah secara offline.

Sementara itu, Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) Radius Setiyawan mengatakan, komitmen memberikan beasiswa atlet sudah dilakukan sejak 6 tahun terakhir, menurut Radius banyaknya atlet yang mendaftar di UM Surabaya juga menjadi bukti bahwa pembelajaran dan kurikulum dinilai aksesibel oleh banyaknya atlet yang ada di Indonesia. 

"Terkait pembelajaran dan kurikulum atlet, universitas sudah sangat siap. Ada biro kemahasiswaan dan fakultas yang mengkordinasi hal tersebut "ujar Radius.

Menurut Radius, tahun ini ada beberapa atlet yang akan diwisuda, salah satunya atlet panjat tebing Rahmad Adi Mulyono yang kemarin telah berlaga di Olimpiade Paris.

“Wisuda akhir Agustus nanti akan ada beberapa atlet yang diwisuda, hal ini menjadi bukti bahwa UM Surabaya terus mengawal pendidikan atlet hingga selesai,”imbuh Radius lagi. 

Radius berharap, kedepannya Komang akan terus berprestasi dan masuk hingga timnas senior, bisa membawa klubnya juara di liga 1, sehingga mengharumkan Indonesia dan kampus. 

“Komang ini atlet ke 53 yang kuliah di UM Surabaya, setelah ini juga akan ada atlet lain yang mendaftar di UM Surabaya,”imbuhnya. 

Radius berharap, agar atlet yang kuliah di UM Surabaya terus melakukan komunikasi sehingga proses pembelajaran tetap bisa dilaksanakan tanpa menganggu jadwal latihan dan sebagainya. 

Terakhir, Komang melengkapi beberapa persyaratan untuk menjadi mahasiswa baru UM Surabaya, di gedung A lantai 1 pada Lembaga Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) dengan mengisi formulir pendaftaran melalui online dan mengumpulkan berkas-berkas yang disyaratkan. Setelah itu, Komang juga mengikuti pembekalan dari Biro Kemahasiswaan terkait kurikulum dan jadwal perkuliahan.