Gagas UMKM Perikanan, Mahasiswa FT UM Surabaya Juarai Kompetisi Bisnis

  • Beranda -
  • Berita -
  • Gagas UMKM Perikanan, Mahasiswa FT UM Surabaya Juarai Kompetisi Bisnis
Gambar Berita Gagas UMKM Perikanan, Mahasiswa FT UM Surabaya Juarai Kompetisi Bisnis
  • 11 Des
  • 2021

Foto Piagam Penghargaan CI-EL Campus Competition 2021

Gagas UMKM Perikanan, Mahasiswa FT UM Surabaya Juarai Kompetisi Bisnis

CI-EL Campus Competition, sebuah kompetisi business case terbesar di Jawa Timur yang tahun ini mengangkat tema "SMEs Transformation Towards Sustainability". Tim dari UM Surabaya Naila Akmalia, Moch. Fadli dan Muhammad Alfiyan yang merupakan mahasiswa semester lima prodi Teknik Industri UM Surabaya raih juara 3 (09/12/2021) dengan menggagas Aqua Fish Shop sebuah start up marketplace berbasis sociopreneurship untuk menunjang penjualan dan distribusi informasi dari UMKM perikanan dengan konsumennya.

Alasan tim ini menggagas Aqua Fish Shop dengan dilatarbelakangi data dari UN Food and Algiculturu Organisation (FAO), dari tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih menduduki peringkat cukup rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga yang memiliki luas laut yang lebih kecil.

Menurut Mochammad Alfiyan sebagai product manager dalam tim ini, rendahnya konsumsi ikan di Indonesia disebabkan oleh pola fikir dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya makan ikan sebagai sumber protein yang penting untuk perkembangan otak. Masyarakat Indonesia lebih memilih makanan dengan proses yang cepat dan mudah untuk dijangkau. Kemudahan dalam penjangkauan ikan yang sulit disebabkan oleh sedikitnya produk UMKM di Indonesia.

“Harapan kami dengan menjadi salah satu top 3 finalis, dapat menjadi pintu dalam mewujudkan harapan kami untuk mengembangkan UMKM di Indonesia agar lebih baik, serta memberikan motivasi pada generasi muda dalam memulai sebuah bisnis untuk 10 tahun kedepan,” ucap Alfiyan.

Sementara itu, saat diwawancarai di ruanganya Junaidi Fery Effendi selaku Kepala Biro Kemahasiswaan, Alumni dan Inovasi (BAKAI) UM Surabaya  menyampaikan gagasan mahasiswa melalui start up Afish diharapkan dapat menjadi jembatan yang membantu percepatan dan kelancaran penjualan UMKM perikanan khususnya di Jawa Timur . Harapanya ketika ini dapat berkembang, start up ini juga mampu mencakup wilayah yang lebih luas. Sehingga Afish dapat menjadi solusi terhadap permasalahan yang terjadi pada UMKM perikanan.

“ Sejalan dengan tagline dari UM Surabaya yang merupakan kampus sejuta inovasi, kami akan terus mendukung inovasi-inovasi dari mahasiswa. Kami akan terus mendorong product ini sebagai program pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu memberdayakan UMKM perikanan sebagai pendorong kesejahteraan masyarakat di Indonesia untuk mengurangi angka kemiskinan,” tutur Junaidi.