Gagas Tema Prediksi Iklim Bumi, Zaidan Juarai Astronomy Design Competition

  • Beranda -
  • Berita -
  • Gagas Tema Prediksi Iklim Bumi, Zaidan Juarai Astronomy Design Competition
Gambar Berita Gagas Tema Prediksi Iklim Bumi, Zaidan Juarai Astronomy Design Competition
  • 21 Des
  • 2021

Foto Abdul Aziz Zaidan mahasiswa Hukum Keluarga Islam (Dokumentasi: Humas FAI)

Gagas Tema Prediksi Iklim Bumi, Zaidan Juarai Astronomy Design Competition

Kompetisi tingkat nasional berhasil diraih mahasiswa prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) UM Surabaya. Abdul Aziz Zaidan menyabet juara dua pada ajang ASTREC (Astronomy Design Competition) yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pengumuman kejuaraan diumumkan langsung Sabtu (11/12/21)

Zaidan mahasiswa yang menjuarai kompetisi mengatakan ASTREC tahun ini mengambil tema besar Beyond The Space, sementara poster yang dibuatnya mengusung tema Venus, Prediksi Iklim Bumi Masa Depan.

“Saya seringkali takjub dengan keindahan langit dan benda-benda di langit. Kebetulan sejak kecil saya kagum dengan bintang kejora, itulah sebabnya saya memilih tema venus. Bagi saya, venus adalah benda langit yang paling bersinar terang setiap kali saya lihat seusai sholat subuh,”ujar Zaidan dengan suara haru.

Zaidan juga menambahkan selain ketertarikannya pada benda-benda langit, ia juga tertarik dengan seni, terutama seni visual sehingga semakin menambah semangatnya dalam mengikuti kompetisi. Proses kreatif pembuatan poster ini terbilang lama, karena harus riset dengan membaca banyak literatur seperti artikel dan jurnal. Menurut hasil penelitian, venus pernah memiliki iklim seperti bumi. Seiring berjalannya waktu dan proses perubahan iklim di venus 96 % atmosfer venus terdiri dari CO2 yang menyebabkan pemanasan global dan kenaikan suhu hingga mencapai lebih dari 450 derajat celcius, sehingga venus menjadi planet terpanas di tata surya.

Sementara itu Dosen Astronomi Prodi Hukum Keluarga Islam Andi Sitti Mariyam menyatakan bahwa mahasiswa dapat belajar astronomi sekaligus berkompetisi sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

“Saya hanya memberikan pemantik berupa fakta ilmiah tentang venus, objek langit yang menarik perhatian Zaidan. Selanjutnya ia mengembangkan sendiri pemikiran dan imajinasinya serta menuangkannya dalam karya yang indah, ternyata hasilnya sangat menakjubkan.” tutur Sitti Mariyam.