Gagas Kursi Cerdas untuk Difabel, Dosen UM Surabaya Raih Penghargaan

  • Beranda -
  • Berita -
  • Gagas Kursi Cerdas untuk Difabel, Dosen UM Surabaya Raih Penghargaan
Gambar Berita Gagas Kursi Cerdas untuk Difabel, Dosen UM Surabaya Raih Penghargaan
  • 21 Des
  • 2021

Foto piagam penghargaan dari Kemendikbudristek yang diberikan kepada Dosen UM Surabaya (Dokumentasi: Satria)

Gagas Kursi Cerdas untuk Difabel, Dosen UM Surabaya Raih Penghargaan

Satria Unggul Wicaksana Dosen Fakultas Hukum sekaligus wakil dekan UM Surabaya berhasil raih presentator terimiplementatif di acara workhshop hasil luaran bantuan dana inovasi pembelajaran dan teknologi asistif bagi mahasiswa berkebutuhan khusus yang diselenggarakan Kemendikbudristek (19/12/21).

Dihadapan 300 peserta delegasi Satria memaparkan gagasannya tentang Pengembangan Inovasi Pembelajaran Teknologi Bantu (Teknologi Asistif) untuk Mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Berdasarkan polling peserta dan pertimbangan reviewer Satria menjadi salah satu presentator terbaik atas teknologi asistif yang inovatif dan luaran program implementatif.

“Saya berharap kedepannya pengembangan teknologi yang diberi nama Smart Chair for Disability (Escade) ini jauh lebih aksesibel bagi mahasiswa disabilitas daksa, dengan penambahan fitur dan pendekatan IT dan juga riset yang lebih mendalam semoga produk yang sudah ada saat ini bisa diproduksi massal,”ujar Satria dalam keterangan tertulis.

Di akhir keterangannya Satria juga menambahkan pentingnya penyandang disabilitas memiliki hak yang sama khususnya hak dalam menerima program pendidikan, sehingga masalah yang dihadapi mahasiswa disabilitas berupa keterbatasan fasilitas yang memadai bisa teratasi. Melalui inovasi Escade ia berharap dapat memberikan aksebilitas dan mobilitas bagi mahasiswa disabilitas di UM Surabaya.