Erra Fazhira, Mantan Putri Muslimah yang Raih IPK Cumlaude di UM Surabaya

  • Beranda -
  • Berita -
  • Erra Fazhira, Mantan Putri Muslimah yang Raih IPK Cumlaude di UM Surabaya
Gambar Berita Erra Fazhira, Mantan Putri Muslimah yang Raih IPK Cumlaude di UM Surabaya
  • 29 Okt
  • 2023

Erra Fazhira Wisudawati UM Surabaya yang pernah menjadi Putri Muslimah

Erra Fazhira, Mantan Putri Muslimah yang Raih IPK Cumlaude di UM Surabaya

Dibalik kesuksesan Erra Fazhira menjadi seorang putri Muslimah hingga memiliki deretan prestasi yang membanggakan, rupanya menyimpan perjalanan yang tidak mudah. Erra merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris  yang meraih IPK Cumlaude 3,74 di UM Surabaya. Perempuan kelahiran Probolinggo 1 Oktober 1998 rupanya sempat putus kuliah di salah satu perguruan tinggi lantaran terkendala biaya.

Erra merupakan anak yang pemalu sejak kecil, namun potensinya dari kecil sudah terlihat. Sejak kecil ia sering mengikuti lomba yang bersifat seni misal melukis, mewarnai. Ia beruntung memiliki orang tua yang memfasilitasi rasa penasaran anaknya. 

Sejak masuk sekolah SMP di Madura, bakatnya mulai terlihat dalam bidang dance. Karena memiliki potensi yang besar ia dipilih oleh agency model. Menurutnya pengalaman pertamanya dalam dunia modeling adalah ketika ia terpilih sebagai model Shopee Marten di Madura. Sejak saat itu pula ia menyadari bahwa ia memiliki public speaking yang bagus sehingga ia terus mengembangkannya. 

Nekat ke Jakarta untuk Berkarier dan Berkuliah

Setelah lulus dari SMA Erra nekat untuk pergi ke Jakarta, ia ingin membangun karir disana. Setelah mendapatkan kampus  di Jakarta Erra mendapatkan potongan kuliah sebesar 50% . Seiring berjalannya waktu karena di Jakarta ia belum mendapatkan pekerjaan sehingga ia tidak bisa survive. 

“Waktu itu masih di semester awal, rupanya 50% dari 21 juta itu masih banyak dan saya di Jakarta hanya modal nekat. Karena untuk kuliah orang tua tidak ada biaya,”ungkap Erra.

Setalah itu ia memutuskan kembali ke Madura dengan impian kuliah yang masih ia gantung setinggi langit. Bak gayung bersambut, saat itu Jawa Timur membuka ajang Raka Raki Duta Wisata Jatim. 

“Waktu itu saya fokusnya kalau bisa menang juara 1 bisa dapat uang 10 juta dan uangnya bisa buat kuliah, setelah proses yang panjang ternyata saya mendapatkan juara harapan 2,”kata dia.

Setelah Raka Raki, Erra mendapat tawaran kesempatan gabung bersama trans 7 terkait pemilihan wanita berbakat. Ia mengikuti casting dan dinyatakan lolos. Berkat program itu ia bisa mendapatkan uang 48 juta, namun uang yang awalnya ingin digunakan untuk kuliah belum sempat digunakan karena ada kebutuhan yang lebih mendesak untuk keluarganya.

“Setelah itu saya coba mencari kampus, setelah keliling di kampus-kampus Surabaya saya memantapkan memilih UM Surabaya karena disana ada beasiswa influncer,”katanya. 

Prestasi Erra Fazhira

Runner Up 1 Puteri Muslimah Indonesia 2019 by Indosiar 

Best Culinary Skill Award of "Miss Culinary 2018"

4th runner up of Raki (Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timir 2018) 

First Winner of Putri Muslimah Awards Jawa Timur 2017 

First Winner Cebbing of Duta Wisata Kacong tor Cebbing Sumenep 2016

Top 8 Sunsilk Hijab Hunt Trans 7 

First winner of Wajah Muslimah Indonesia 2015 

Runner up Putri Jilbab Indonesia 2014