Berhasil Lulus 3,5 Tahun dan Diterima Bekerja sebelum Wisuda, Rony Rembo Prasetyo Bagikan Tipsnya

  • Beranda -
  • Berita -
  • Berhasil Lulus 3,5 Tahun dan Diterima Bekerja sebelum Wisuda, Rony Rembo Prasetyo Bagikan Tipsnya
Gambar Berita Berhasil Lulus 3,5 Tahun dan Diterima Bekerja sebelum Wisuda, Rony Rembo Prasetyo Bagikan Tipsnya
  • 03 Jun
  • 2023

Rony Rembo Prasetyo Wisudawan UM Surabaya (Humas)

Berhasil Lulus 3,5 Tahun dan Diterima Bekerja sebelum Wisuda, Rony Rembo Prasetyo Bagikan Tipsnya

Kisah wisudawan inspiratif juga datang dari mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Teknik Perkapalan M. Rony Rembo Prasetyo, pasalnya mahasiswa angkatan 2019 tersebut berhasil lulus cepat 3,5 tahun dan diterima bekerja sebelum wisuda. Tak hanya itu Rembo juga berhasil mendapatkan IPK cumlaude yakni 3,72.

Wisudawan asal Kecamatan Sukodadi Lamongan tersebut rupanya sempat behenti satu tahun setelah lulus SMK Negeri 2 Lamongan lantaran suatu hal. Setelah satu tahun kemudian Rembo berhasil di terima di UM Surabaya jurusan teknik perkapalan. Tak hanya menjadi mahasiswa biasa-biasa saja, rupanya selain aktif di organisasi kampus  sebagai Wakil Ketua Hima, Rembo juga menjadi ketua tim dalam kontes kapal cepat tak berawak nasional, bahkan ia sempat menjadi finalis di ajang bergengsi tersebut. Rembo dan tim mengikuti kategori lomba pembuatan dan performa prototype kapal cepat listrik dengan sistem kendali jauh (Electric Remote Control/ERC) dengan misi menghancurkan pertahanan udara.

Saat menyelesaikan tugas akhir Rembo mengambil judul penelitian “Analisis Pengaruh Variasi Radius Bilga terhadap Resisten dan Efisiensi Bahan Bakar Kapal Ro_Ro”

Di balik kemudahan yang dialami oleh Rembo hingga hari ini, ia mengaku jika sebelum lulus ia sudah memasukkan beberapa lamaran di beberapa perusahaan, namun belum diterima. Dia mengaku saat setelah mengikuti yudisium ada satu panggilan dari PT Dok Pantai Lamongan, ia dipanggil untuk mengikuti wawancara. Dari situlah akhirnya Rembo diterima dan bekerja di bagian logistic yang berfokus pada SOP perusahaan pembelian material dari kapal kapal.

Saat ditanya mengenai tips agar bisa lulus cepat dan diterima bekerja lebih awal, Rembo mengaku bahwa menjadi mahasiswa harus merencanakan segala sesuatu dari awal. Ia juga menekankan agar bisa lulus dengan cepat dengan nilai yang baik yakni dengan tidak menunda-nunda tugas yang diberikan, itu juga salah satu kunci agar Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) cumlaude.

“Jadi saya selalu mengambil 24 SKS dalam tiap semester, dan tentu itu saya imbangi dengan aktifitas belajar yang konsisten,”ujarnya Jumat (2/6/23)

Dalam keterangannya Rembo juga membagikan tips agar mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda. Menurutnya yang pertama adalah menjadi mahasiswa hendaknya aktif dalam organisasi baik Hima ataupun di luar Hima, hal ini penting dalam menambah wawasan, kemampuan berkomunikasi hingga menambah relasi.

Kedua selalu responsive dalam kegiatan akademik, tidak menunda pekerjaan dan memiliki keingintahuan yang tinggi dalam keilmuan yang didalami.

Ketiga, manfaatkan kesempatan non akademik seperti lomba-lomba, baik di tingkat regional, nasional hingga internasional untuk menambah portofolio.

Terakhir, selalu berusaha, berdoa dan meminta restu pada orang tua pada tiap-tiap yang akan kita lakukan.

“Saya selalu memegang teguh kalimat ini Man Jadda Wajada yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil,”pungkas Rembo.