Beasiswa KIP-K UM Surabaya Ditutup 16 Agustus 2022

  • Beranda -
  • Berita -
  • Beasiswa KIP-K UM Surabaya Ditutup 16 Agustus 2022
Gambar Berita Beasiswa KIP-K UM Surabaya Ditutup 16 Agustus 2022
  • 14 Agu
  • 2022

Foto kampus UM Surabaya (Dok: Humas)

Beasiswa KIP-K UM Surabaya Ditutup 16 Agustus 2022

Pendaftaran beasiswa KIP-K Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) saat ini telah memasuki gelombang 3 dan resmi akan ditutup pada 16 Agustus 2022. Hal tersebut disampaikan langsung oleh wakil rektor 3 Ma’ruf Sya’ban bidang inovasi, sumber daya manusia, kemahasiswaan dan alumni.

Ma’ruf menjelaskan bahwa memang ada perubahan pendaftaran khusus beasiswa KIP-K yang awalnya terakhir 23 Agustus berubah menjadi 16 Agustus.

“Di gelombang 3 ini ada ratusan pendaftar beasiswa KIP-K dan tanggal 18 Agustus akan dilaksankan wawancara kepada seluruh pendaftar,”jelas Ma’ruf saat ditemui diruangannya.

Ia mengajak kepada seluruh siswa berprestasi di Indonesia untuk bisa memanfaatkan kesemapatan beasiswa ini dengan sebaik-baiknya.

“Empat hari ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya bagi calon mahasiswa yang igin berkuliah di UM Surabaya khususnya siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu,”imbuhnya lagi Jumat (12/8/22)

Ia juga menjelaskan beasiswa KIP-K merupakan program bantuan pendidikan dari pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada siswa lulusan SMA,MA,SMK (sederajat) berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan perluasan akses dan kesempatan di perguruan tinggi bagi mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak mampu secara ekonomi.

“Saat ini UM Surabaya sudah diberikan kepercayaan penuh oleh pemerintah, sehingga semua fakultas di UM Surabaya bisa diakses melalui jalur beasiswa KIP-K , kecuali Fakultas Kedokteran (FK).”tegasnya lagi.

Ma’ruf juga menambahkan bahwa proses pendaftaran hingga penggunggahan berkas beasiswa KIP-K UM Surabaya secara online.

Calon mahasiswa bisa mengunggah berkas persyaratan mulai dari nilai raport semester I-V dengan nilai minimal 7,5, melampirkan foto kondisi rumah, melampirkan kartu KIP atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kepala desa.

Di akhir paparannya Ma’ruf juga menambahkan info seputar beasiswa di UM Surabaya, calon mahasiswa bisa mengunjungi laman resmi UM Surabaya melalui um-surabaya.ac.id.