Aplikasi V-MiL Buatan Dosen UM Surabaya Solusi Percepatan Skrining dan Vaksinasi Ibu Hamil

  • Beranda -
  • Berita -
  • Aplikasi V-MiL Buatan Dosen UM Surabaya Solusi Percepatan Skrining dan Vaksinasi Ibu Hamil
Gambar Berita Aplikasi V-MiL Buatan Dosen UM Surabaya Solusi Percepatan Skrining dan Vaksinasi Ibu Hamil
  • 30 Agu
  • 2022

Foto Umi Ma'rifah Dosen S1 Kebidanan UM Surabaya (Dok: Humas)

Aplikasi V-MiL Buatan Dosen UM Surabaya Solusi Percepatan Skrining dan Vaksinasi Ibu Hamil

Coronavirus Disease (Covid-19) sudah menjadi hal yang sering kita hadapi selama lebih dari 2 tahun semenjak WHO mengumumkan pada tanggal 30 Januari 2020 terjadinya wabah  global  pandemi Covid-19. Peningkatan kasus Covid-19 juga terjadi pada kelompok rentan yaitu ibu hamil.

Berdasarkan data dari Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), terdapat 536 ibu hamil terpapar Covid-19 dan sebanyak 3 % meninggal dunia. Semakin tingginya jumlah kasus Covid-19 terutama adanya varian baru delta yang menyebabkan risiko gejala berat pada ibu hamil, pemerintah Indonesia menetapkan program skrining dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang tertuang pada surat edaran HK.02.01/I/2007/2021.

Umi Ma’rifah Dosen S1 Kebidanan FIK UM Surabaya menjelaskan pelaksanaan vaksinasi pada ibu hamil saat ini masih diprioritaskan di daerah yang tingkat penularannya tinggi seperti kota besar.

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada ibu hamil di wilayah kota Surabaya, terdapat 90% persen ibu hamil yang masih ragu dan takut untuk melakukan vaksinasi. Upaya untuk membantu program percepatan skrining dan vaksinasi diperlukan dukungan dari berbagai pihak baik dari pemerintah, lingkungan masyarakat, keluarga dan tenaga kesehatan termasuk perguruan tinggi.

“Sebagai bentuk upaya dalam membantu program percepatan skrining dan vaksinasi pada ibu hamil saya dan tim meluncurkan Aplikasi V-MiL (Vaksinasi Ibu Hamil).  Aplikasi ini  bisa didownload pada http://v-mil.com/aplikasi.,”jelas Umi Senin (29/8/22)

Umi menjelaskan V-MiL adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan sebagai media untuk memberikan edukasi tentang kehamilan dan skrining vaksinasi Covid-19. Aplikasi V-MiL dilengkapi dengan fitur utama tentang kehamilan, skrining dan vaksin Covid-19. Melalui aplikasi V-MiL ini, diharapkan ibu hamil memiliki pengetahuan seputar kehamilan, hasil pemeriksaan tentang kehamilan serta pentingnya vaksinasi Covid-19 dengan tujuan ibu hamil tidak ragu lagi untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Menurut penjelasannya, fitur yang pertama adalah kehamilan, fitur ini memberikan informasi data riwayat pemeriksaan kesehatan ibu sebelum dan selama hamil. Infomasi data riwayat hasil pemeriksaan kehamilan selama kontrol kehamilan dapat dilihat ibu hamil dengan cepat dan mudah. Pada Fitur ini ibu juga dapat mengakses informasi dari fitur menu artikel kehamilan.

Pada  menu artikel kehamilan memuat informasi yang dibutuhkan oleh ibu hamil antara lain; periksa kehamilan, perawatan sehari-hari ibu hamil, gizi pada ibu hamil, Aktivitas fisik dan latihan fisik ibu hamil, ketidaknyamanan pada ibu hamil, tanda bahaya dan masalah lain pada kehamilan, Persiapan melahirkan, tanda awal persalinan, pentingnya tablet Fe pada ibu hamil, perkembangan dan pertumbuhan.

Selain informasi tentang kehamilan, ibu hamil juga dapat mengakses artikel tentang vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. Artikel yang dimuat pada menu ini, telah disesuaikan dengan informasi kesehatan pada buku KIA,”imbuhnya lagi.

Sementara fitur kedua pada aplikasi ini adalah fitur skrining vaksin Covid-19  yang memberikan informasi kesimpulan akhir hasil skrining dari pemeriksaan kesehatan, apakah ibu hamil yang belum mendapatkan vaksin Covid-19, dapat diberikan vaksin atau tidak.

 Fitur yang ketiga adalah fitur Vaksin Covid-19 yang memberikan informasi riwayat pemberian vaksinasi Covid-19 dan bukti sertifikat yang sudah diperoleh ibu selama kehamilan. Pada fitur ini, ibu juga dapat mengakses informasi artikel tentang vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil.

Dengan aplikasi V-MiL ini, ibu hamil tidak perlu khawatir lagi, dengan riwayat hasil pemeriksaan kehamilan ibu hamil yang belum mendapatkan vaksin, dapat segera mendapatkan vaksin Covid-19,”tutup Umi.