UM Surabaya Masuk Top 10 Kampus Terbaik di Surabaya Versi 4ICU 2024

  • Home -
  • News -
  • UM Surabaya Masuk Top 10 Kampus Terbaik di Surabaya Versi 4ICU 2024
Gambar Berita UM Surabaya Masuk Top 10 Kampus Terbaik di Surabaya Versi 4ICU 2024
  • 14 Aug
  • 2024

Foto kampus UM Surabaya (Humas)

UM Surabaya Masuk Top 10 Kampus Terbaik di Surabaya Versi 4ICU 2024

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) kembali meraih prestasi membanggakan dengan masuk Top 10 kampus PTN/PTS se- Surabaya versi pemeringkatan 4 international College & Universitas (4ICU) 2024. 4ICU merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki.

Diketahui pemeringkatan universitas versi 4ICU dilakukan menggunakan UniRank Universitay Rangking. Adapun penilaian berdasarkan sistem algaritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains, serta Majstic Trust Flow.

Terdapat tiga kriteria yang harus dipenuhi oleh universitas di Indonesia untuk dapat masuk dalam pemeringkatan UniRank. Pertama, telah terakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara.

Mundakir Wakil Rektor 4 UM Surabaya Bidang Kerjasama, Al Islam Kemuhammadiyahan dan Digitalisasi mengatakan bahwa ini merupakan capaian yang luar biasa bagi UM Surabaya karena bisa masuk Top 10 kampus terbaik di tengah perguruan tinggi negeri besar yang ada di Surabaya. 

“Dalam capaian ini UM Surabaya berada di peringkat 6 PTN/PTS terbaik di Surabaya, sementara jika penilaian PTS di Surabaya UM Surabaya ada di peringkat 3,”ujar Mundakir Rabu (14/8/24)

Mundakir mengatakan prestasi ini diraih berkat kerja keras seluruh sivitas akademika UM Surabaya dalam menjalankan berbagai tugas tridarma perguruan tinggi. Selain itu, juga tidak lepas dukungan dari para alumni. 

“Terima kasih kepada seluruh keluarga besar UM Surabaya atas kerja yang sangat baik sehingga prestasi UM Surabaya terus meningkat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada alumni , prestasi ini tak lepas dari dukungan alumni kepada almamaternya,”paparnya.

Ia berharap kontribusi UM Surabaya kepada masyarakat, bangsa, dan negara semakin meningkat,” imbuhnya lagi. 

“Pemeringkatan ini menunjukkan popularitas UM Surabaya yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke website dan jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain um-surabaya. ac.id,” jelasnya

Mundakir menyampaikan pemeringkatan tersebut merupakan bentuk penghargaan dari 4ICU atas kinerja seluruh sivitas akademika UM Surabaya dalam memanfaatkan teknologi informasi baik di bidang pendidikan, pengajaran, dan penelitian. Artinya, terdapat pengakuan dari dunia internasional terhadap adopsi digital di UM Surabaya. 

Berikut Top 10 Kampus Versi 4ICU PTN-PTS Se Surabaya

1. Universitas Airlangga 

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember 

3. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya 

4. Universitas Kristen Petra 

5. Universitas Negeri Surabaya 

6. Universitas Muhammadiyah Surabaya 

7. Universitas Surabaya 

8. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 

9. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya 

10. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya