Tiga Mahasiswa UM Surabaya Raih Medali Emas di ASEAN University Games

  • Home -
  • News -
  • Tiga Mahasiswa UM Surabaya Raih Medali Emas di ASEAN University Games
Gambar Berita Tiga Mahasiswa UM Surabaya Raih Medali Emas di ASEAN University Games
  • 08 Jul
  • 2024

Tiga Mahasiswa UM Surabaya Raih Medali Emas di ASEAN University Games (Humas)

Tiga Mahasiswa UM Surabaya Raih Medali Emas di ASEAN University Games

Tiga mahasiswa kebangaan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) raih 3 emas dan 1 perak dalam ajang ASEAN University Games (AUG) 2024 Cabang Sport Climbing. Tiga mahasiswa tersebut diantaranya Eka Dian Krismawati (S1 Manajemen), M. Ryan (S1 Manajemen) dan M. Rizky Samudra Dewantara  (S1 Manajemen ) yang merupakan penerima beasiswa atlet. 

Eka Dian Krismawati raih emas speed perorangan putri dan perak speed relay putri. M.Ryan raih emas lead perorangan putra dan M.Rizky Samudra Dewantara raih emas speed relay putra. 

Ajang olahraga bergengsi dua tahunan yang dilaksanakan di Surabaya dan Malang sejak 25 Juni hingga 6 Juli 2024 tersebut diikuti para mahasiswa dari 11 negara di Asia Tenggara dan cabang olahraga yang dipertandingkan dan dihadiri tak kurang dari 5000 atlet mahasiswa. 

Ma’ruf Sya’ban Wakil Rektor 3 UM Surabaya yang membidangi kemahasiswaan mengapresiasi capaian yang telah diraih mahasiswa UM Surabaya di ASEAN Games 2024. Menurutnya ini bukan kali pertama UM Surabaya mendapatkan emas di ASEAN Games.

“Pada tahun 2022 UM Surabaya juga berhasil pulang dengan emas, bersyukur tahun ini dapat lagi.  Tentu sebagai pimpinan universitas saya berharap melalui ASEAN Games atlet-atlet UM Surabaya dapat terus menunjukkan eksistensi dan prestasi terbaiknya di bidang olahraga,”ujar Ma’ruf Senin (8/7/24)

Ma’ruf menjelaskan bahwa ketiga mahasiswa ini merupakan penerima beasiswa atlet di UM Surabaya yang dibebaskan seluruh biaya pendidikan. Menurutnya pendidikan gratis yang diberikan kepada atlet merupakan apresiasi serta komitmen UM Surabaya dalam mewujudkan dan memajukan prestasi olahraga Jatim dan juga Indonesia.

Ia menambahkan, setidaknya ada 48 atlet yang sedang menempuh studi di UM Surabaya dan berasal dari daerah yang berbeda. Tentu juga dari fakultas dan jurusan yang berbeda pula. 48 atlet tersebut telah berhasil menorehkan banyak prestasi di kancah nasional maupu internasional. 

“48 atlet tersebut terdiri dari atlet Panjat Tebing, Silat, Tinju, Jujitsu, Sepak Bola, Futsal, Hockey, Karate, E-sport, Bulu Tangkis, Sepak Bola Amputasi, Renang hingga Dayung,”pungkas Ma’ruf.