Tips Menjadi Mahasiswa Produktif dari Kemahasiswaan UM Surabaya

  • Home -
  • Article -
  • Tips Menjadi Mahasiswa Produktif dari Kemahasiswaan UM Surabaya
Gambar Artikel Tips Menjadi Mahasiswa Produktif dari Kemahasiswaan UM Surabaya
  • 04 Oct
  • 2023

Foto Mahasiswa UM Surabaya (Humas)

Tips Menjadi Mahasiswa Produktif dari Kemahasiswaan UM Surabaya

Menjadi mahasiswa merupakan pengalaman yang seru dan penuh tantangan. Menjadi mahasiswa produktif memerlukan sifat disiplin yang tinggi sekaligus penyusunan strategi yang baik. Sebagai mahasiswa baru atau lama, ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk membantu mengatasi tantangan akademik maupun kegiatan non akademik. 

Khoirul Anam Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) membagikan beberapa tips yang dapat membantu mahasiswa baru atau lama untuk lebih produktif:

Pertama, menyusun jadwal kegiatan. Membuat jadwal harian atau mingguan yang berisi waktu untuk kelas, belajar, mengerjakan tugas, aktif di organisasi dan istirahat akan sangat membantu untuk mengatur waktu agar lebih efisien dan dapat meningkatkan kinerja akademik maupun non akademik yang dimiliki.

Kedua memilih prioritas. Sebagai mahasiswa baru, tentu seseorang akan hectic dengan berbagai kegiatan perkualiahan.

“Jadi, kita harus mengidentifikasi kegiatan atau tugas mana yang paling penting dan mendesak. Hal ini dapat membuat kita lebih fokus saat menjalani berbagai kegiatan akadmeik maupun non akademik,”ujar Khoirul Rabu (4/10/23)

Ketiga, menetapkan tujuan. Memiliki tujuan akademik dan tujuan pribadi dalam jangka panjang maupun jangka pendek akan memperjelas kegiatan yang dilakukan mahasiswa ke depan. Selain itu, menetapkan tujuan yang jelas akan meningkatkan motivasi dan etos yang kita miliki secara continue.

Keempat, mengembangkan minat bakat melalui organisasi. Mengikuti aktivitas di luar kelas dapat memperluas jaringan sosial dan meningkatkan keterampilan dasar seseorang. Khoirul menegaskan, mahasiswa harus bijak dalam memilih organisasi agar seseorang dapat mengembangkan potensi dan soft skill yang dimiliki. 

Di akhir keterangannya ia menegaskan, beberapa tips di atas, dapat dilakukan agar tidak burnout dengan berbagai kegiatan di kampus. 

“Perlu diingat, menjadi mahasiswa baru atau lama yang produktif merupakan proses belajar yang berkelanjutan. Sikap komitmen, kedisiplinan dan penyesuaian yang tepat akan memberikan dampak yang baik dalam studi yang sedang dijalani,”pungkas Khoirul.