Mengapa Mahasiswa Harus Mengikuti Organisasi? Ini Penjelasan Kemahasiswaan UM Surabaya

  • Home -
  • Article -
  • Mengapa Mahasiswa Harus Mengikuti Organisasi? Ini Penjelasan Kemahasiswaan UM Surabaya
Gambar Artikel Mengapa Mahasiswa Harus Mengikuti Organisasi? Ini Penjelasan Kemahasiswaan UM Surabaya
  • 06 Dec
  • 2023

Foto mahasiswa UM Surabaya (Humas)

Mengapa Mahasiswa Harus Mengikuti Organisasi? Ini Penjelasan Kemahasiswaan UM Surabaya

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) UM Surabaya Khoirul Anam mengatakan mahasiswa penting sekali untuk mengikuti organisasi. Hal tersebut lantaran dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan, meningkatkan prestasi akademis, seperti keterampilan presentasi, keterampilan riset, dan keterampilan menulis. 

Menurutnya, mahasiswa penting untuk memilih organisasi yang tepat untuk memastikan pengalaman yang didapat bermanfaat dan produktif, sehingga mahasiswa bisa memanfaatkan organisasi intra kampus ataupun ekstra kampus. 

Khoirul memaparkan setidaknya ada empat manfaat yang bisa didapatkan ketika mahasiswa mengikuti organisasi. 

Pertama, menambah pengalaman selama menjadi mahasiswa. Secara otomatis mahasiswa yang mengikuti organisasi akan banyak bertemu dengan banyak orang melalui kegiatan sosial atau forum-forum diskusi. 

“Berbagai pengalaman ini akan menambah pengetahuan dan menjadi ilmu baru karena pengalaman ini tidak diajarkan di ruang kelas saat perkuliahan,”ujar Khoirul.

Kedua, melatih diri dalam manajemen waktu. Mahasiswa yang mengikuti organisasi akan lebih banyak memiliki tanggungan, sehingga ia harus profesional dalam mengatur waktu dalam mengerjakan tugas kuliah dan tugas tanggung jawab organisasi. Dengan kemampuan ini, maka mahasiswa akan terbiasa untuk menggunakan waktu yang dimiliki dengan baik.

Ketiga, adalah membangun relasi. Dengan bertemu banyak orang baru mahasiswa akan membentuk sebuah jaringan, dan itu akan sangat membantu terkait informasi-informasi seperti perlombaan, info pekerjaan dan lainnya, mengingat mereka terdiri dari berbagai latar belakang berbeda. Tempat yang berbeda, umur yang berbeda, fakultas yang berbeda, kebiasaan yang berbeda, hingga universitas yang juga berbeda.

“Dengan banyaknya relasi yang dibangun selama masa perkuliahan, maka relasi ini suatu saat dapat mendukung mahasiswa saat membutuhkan bantuan atau dukungan nantinya,”imbuh Khoirul lagi. 

Keempat, melatih jiwa kepemimpinan. Secara langsung mahasiswa yang mengikuti organisasi akan menemukan banyak hal baru juga problema yang secara tidak langsung akan membantu dalam melatih jiwa kepemimpinan, sehingga dengan demkian ia akan belajar bagaimana mengambil sebuah keputusan dalam situasi mendesak, bagaimana berbicara di public dengan baik karena mereka sudah terlatih dengan seringnya kegiatan berdiskusi.