Kemahasiswaan UM Surabaya Ungkap Hal Yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Beasiswa

  • Home -
  • Article -
  • Kemahasiswaan UM Surabaya Ungkap Hal Yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Beasiswa
Gambar Artikel Kemahasiswaan UM Surabaya Ungkap Hal Yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Beasiswa
  • 05 Feb
  • 2024

Freepik

Kemahasiswaan UM Surabaya Ungkap Hal Yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Beasiswa

Mendapatkan beasiswa dan berkesempatan untuk melanjutkan studi menjadi impian bagi kebanyakan mahasiswa. Apalagi dengan mendapatkan beasiswa sudah pasti biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh pihak pemberi beasiswa. Pemerintah atau instansi terkait biasanya tidak segan memberikan beasiswa, namun perlu dilakukan beberapa sesi dalam menentukan kriteria mahasiswa layak mendapatkan beasiswa, salah satunya adalah sesi wawancara.

Sesi wawancara sendiri dianggap sesi yang paling penting dan menentukan apakah mahasiswa akan berhasil atau tidak. Oleh sebab itu, mahasiswa benar-benar harus mempersiapkan sesi ini dengan baik. Mengetahui banyak tips ini penting dilakukan agar saat mengikuti wawancara beasiswa, mahasiswa bisa lebih tenang. 

Dosen sekaligus Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi (BAKAI) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya Khoirul Anam membagikan trik sukses dalam wawancara beasiswa.

Pertama, menguasai potensi diri.  Khoirul menyebut, pertanyaan paling mendasar saat wawancara berlangsung adalah seputar diri sendiri, pewawancara senang menanyakan hal yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan diri calon penerima beasiswa, karena dari hal tersebut dapat menggambarkan karakter seseorang.

“Kedua, alasan memilih beasiswa. Penting diketahui bahwa pewawancara perlu melihat alasan yang jelas dan konkrit dari calon penerima beasiswa, untuk memastikan kesungguhan pelamar dalam memperoleh beasiswa, sehingga pelamar beasiswa perlu memberikan alasan yang logis tanpa dibuat-buat,”ujar Khoirul Senin (5/2/24)

Ketiga, motovasi saat mendaftar beasiswa. Motovasi menjadi point penting yang perlu digali guna mengetahui seberapa kuat keinginan pelamar dalam memperoleh beasiswa, selain itu motivasi juga digunakan untuk melihat daya juang pelamar beasiswa.

Keempat, problem solving. Selain ketiga pertanyaan di atas, ada pertanyaan yang tidak kalah penting untuk ditanyakan kepada pelamar beasiswa yaitu mengenai cara individu dalam menyelesaikan permasalahan dan hambatan yang tengah dihadapi, karena dari hal tersebut pewawancara akan mengetahui cara seseorang dalam mengambil keputusan.

Khoirul menjelaskan, selain beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat sesi wawancara berlangsung, pelamar beasiswa juga perlu memperhatikan hal-hal berikut, salah satunya ketepatan waktu. Wawancara dapat dilakukan secara online ataupun offline tergantung penyelenggara, sehingga penting diketahui terkait jadwal pelaksanaan wawancara, jadi penting bagi mahasiswa memiliki pengingat agar tidak terlambat saat sesi wawancara berlangsung.

Selanjutnya, berpakaian sopan dan rapi. Karakter seseorang dapat dilihat dari cara berpakaiannya, sehingga penting untuk menjaga penampilan saat wawancara berlangsung.

Terakhir, tidak memberikan argumen yang ngawur atau tidak bisa dipertanggung jawabkan. Saat sesi wawancara berlangsung setiap argumen yang diberikan pelamar adalah point penting dalam penilaian.

“Sehingga jangan sekali-kali mengarang jawaban sehingga terkesan baik padahal sebenarnya ngawur, hal itu dapat berdampak pada penilaian sikap yang kamu tampilkan,”pungkasnya.