Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Liburan Sekolah yang Produktif dan Menyenangkan

  • Home -
  • Article -
  • Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Liburan Sekolah yang Produktif dan Menyenangkan
Gambar Artikel Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Liburan Sekolah yang Produktif dan Menyenangkan
  • 26 Jun
  • 2024

Shutterstock

Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Mengisi Liburan Sekolah yang Produktif dan Menyenangkan

Libur sekolah telah tiba, hal ini tentu menjadi keceriaan tersendiri bagi anak atau peserta didik. Namun dibalik keceriaan yang dirasakan oleh anak, ada beberapa kekhawatiran yang biasanya dirasakan oleh orang tua ketika anak sudah libur sekolah. Beberapa orang tua biasanya merasa khawatir ketika anaknya libur sekolah hanya sibuk bermain dan keluyuran bersama teman-temannya. Selain itu, orang tua biasanya juga merasa khawatir anak lupa terhadap pelajaran yang sudah dipelajarinya di sekolah. 

Untuk itu, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Surabaya Syarifuddin membagikan beberapa tips bagi para orang tua agar anak tetap produktif saat liburan. 

Pertama, mengikuti kursus pengembangan bakat. Mengikuti kursus pengembangan bakat seperti berenang, memanah, menari atau menyanyi bisa menjadi alternatif solusi bagi para orang tua untuk mengisi liburan anak dengan kegiatan yang lebih produktif. 

“Pasalnya di musim liburan sekolah, banyak lembaga kursus pengembangan bakat yang membuka kelas khusus untuk anak-anak. Hal ini dapat dimanfaatkan bagi orang tua untuk mengisi liburan anak dengan hal-hal yang produktif,”ujar Syarif Rabu (26/6/24)

Kedua, bermain game edukatif. Waktu libur sekolah merupakan waktu bagi anak untuk bermain dan bersenang-senang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau orang tua juga memberikan waktu kepada anak untuk bermain game, karena hal itu dapat membuat anak senang dan tidak merasa bosan berada di rumah. 

“Game yang diberikan bisa berupa game edukatif seperti: permainan menyusun kata, permainan tebak gambar, permainan kosa kata bahasa asing dan game edukatif lainnya yang dapat membantu perkembangan emosi dan kognitif anak,”imbuhnya lagi. 

Ketiga, melakukan kegiatan berkebun. Mengajak anak berkebun menjadi salah satu aktivitas yang dapat di lakukan oleh orang tua untuk mengisi liburan sekolah mereka. Kegiatan berkebun seperti menanam dan merawat tanaman hias yang ada di rumah sangat cocok untuk melatih anak peduli terhadap kelestarian lingkungan. 

Keempat, membuat konten yang menarik. Saat liburan sekolah, orang tua memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan berbagai aktivitas bersama anak. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang tua bersama anak ketika liburan sekolah yaitu membuat konten yang menarik dan sedukatif. 

“Konten-konten yang dapat dibuat oleh orang tua bersama anak dapat berupa konten sederhana, seperti belajar memasak, bermain musik, melukis dan lain sebagainya,”imbuhnya. 

Kelima, mengikuti kegiatan outbond. Mengajak anak bermain dan mengikuti outbond di alam terbuka merupakan salah satu cara untuk mengisi liburan anak agar lebih produktif. Mengikuti kegiatan outbond di berbarbagai lembaga pelatihan (trainer) dan pengembangan keterampilan merupakan salah satu cara untuk melatih keberanian, kepercayaan dan mendukung pengembangan diri anak baik secara fisik maupun mental.