Viral Pengakuan Remaja Bojonegoro Bila Tak Hirup Aroma Pertalite Lemas, Dosen UM Surabaya Berikan Tanggapan

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Viral Pengakuan Remaja Bojonegoro Bila Tak Hirup Aroma Pertalite Lemas, Dosen UM Surabaya Berikan Tanggapan
Gambar Artikel Viral Pengakuan Remaja Bojonegoro Bila Tak Hirup Aroma Pertalite Lemas, Dosen UM Surabaya Berikan Tanggapan
  • 08 Mei
  • 2023

Foto Farhan Abimanu (Dok: Dewi Rina/tvOne)

Viral Pengakuan Remaja Bojonegoro Bila Tak Hirup Aroma Pertalite Lemas, Dosen UM Surabaya Berikan Tanggapan

Nama Farhan Abimanu alias Manu baru-baru ini ramai diperbincangkan di media sosial, pasalnya remaja asal Bojonegoro Jawa Timur tersebut kecanduan menghirup aroma bensin pertalite sejak TK hingga sekarang. Manu mengaku jika tak menghirup aroma bensin tubuhnya menjadi lemas.

Hal tersebut ditanggapi oleh Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya Ira Purnamasari. Ira menyebut kecanduan menghirup aroma bensin setara dengan kecanduan narkoba. Pasalnya bensin termasuk bahan kimia bergas yang memiliki aroma kuat, bensin merupakan bahan bakar yang mengandung benzena yang jika dihirup secara terus menerus akan membuat otak kecanduan (adiktif).

Benzena juga dikenal sebagai karsinogenik zat yang berpotensi menyebabkan kanker dan berbahaya jika terhirup dalam konsentrasi tinggi atau paparan jangka panjang.

“Saat aroma bensin dihirup mengalir dari paru-paru menuju ke jantung yakni sistem peredaran darah dan menuju ke otak, secara otomatis bahan kimia beracun yang dihirup akan merusak paru-paru, jantung, otak, hati dan ginjal ,”jelas Ira Senin (8/5/23)

Ira juga menegaskan, apalagi kebiasaan ini sudah dilakukan sejak kecil hingga remaja. Sudah bisa dipastikan bahwa kondisi otak, saraf, dan organ tubuh lainnya tidak sedang baik-baik saja. Menurutnya, dibalik kenikmatan tersebut, ada kerusakan organ yang bersifat progresif.

“Kebiasaan menghirup bensin merupakan bentuk penyimpangan perilaku. Dikarenakan menghirup dengan tujuan agar diperoleh efek ngefly, halusinasi, dan euforia. Namun tidak jarang pada akhirnya melakukan tindakan impulsif dan agresif,”imbuh Ira lagi.

Lebih lanjut lagi, Ira menyebut penyimpangan perilaku ini menimbulkan ketergantungan atau adiksi yang sulit untuk dihentikan atau efek ingin menggunakannya secara terus menerus, yang jika dihentikan akan mendapat efek lelah atau rasa sakit luar biasa, sama halnya seperti seseorang yang sedang sakau.

Kenakalan remaja atau sering disebut dengan juvenile delinquency dalam bentuk perilaku menghirup bensin secara terus menerus merupakan akibat dari pengabaian sosial, hingga melakukan perilaku yang menyimpang.

Dalam kasus ini, kebiasaan menghirup bensin dilakukan sejak kecil tanpa ada larangan atau ketegasan dari orang tua, yang akhirnya dibawa hingga remaja dengan alasan enak. Bisa dikatakan salah satu faktor pendorong remaja menghirup bensin adalah peran keluarga.

“Kita harus memperjelas tugas dan peran orang tua dalam kehidupan sehari-hari anak. Jika dirasa anak sudah melakukan penyimpangan yang dapat mengganggu kesehatan, segeralah membawa anak ke pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan,”katanya.

Terakhir, Ira menyebut pengabaian yang dilakukan dapat berakibat fatal. Perilaku menyimpang ini dapat merusak saraf, mengakibatkan penurunan kemampuan bicara, penurunan ingatan, berpikir lambat, disorientasi, agresif, halusinasi, hilang kesadaran, kejang hingga kematian.