Tawuran Pelajar Kembali Marak, Dosen UM Surabaya Ingatkan Soal Ruang Publik untuk Gen-Z

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Tawuran Pelajar Kembali Marak, Dosen UM Surabaya Ingatkan Soal Ruang Publik untuk Gen-Z
Gambar Artikel Tawuran Pelajar Kembali Marak, Dosen UM Surabaya Ingatkan Soal Ruang Publik untuk Gen-Z
  • 16 Mei
  • 2024

TEMPO/Dian Triyuli Handoko

Tawuran Pelajar Kembali Marak, Dosen UM Surabaya Ingatkan Soal Ruang Publik untuk Gen-Z

Media sosial dihebohkan dengan kabar pelajar tawuran di beberapa kota. Di Jogja sekelompok siswa terekam kamera mendatangi sebuah sekolah dengan melakukan penyerangan dan membawa sejumlah perlengkapan yang diayunkan. Sementara itu, di Cirebon sejumah pelajar dari dua SMK terlibat aksi tawuran saat sedang melakukan konvoi dalam rangka merayakan kelulusan sekolah. Dalam kejadian tersebut satu pelajar mengalami luka bacok.

Merespon hal tersebut, Radius Setiyawan pengkaji budaya popular UM Surabaya angkat bicara.

Menurutnya kasus tawuran yang kerap terjadi merupakan sesuatu hal yang kompleks dan faktornya tidak tunggal.

“Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah  soal ruang-ruang publik untuk aktualisasi anak muda yang minim, ketika ruang terbatas,  maka energinya akan digunakan untuk berbuat yang tidak produktif seperti tawuran. Maka salah satu cara menekan angka tawuran di kalangan anak muda adalah penyediaan ruang publik yang cukup oleh pemerintah. Berbicara soal ruang tentunya bukan hanya soal ruang fisik tetapi juga terkait ruang sosial,”ujar Radius Kamis (16/5/24)

Menurutnya kondisi ruang publik yang tersedia untuk anak-anak remaja atau gen-Z yang berada di kelas bawah sangat sedikit tersedia. Mereka yang banyak temuan terlibat aktifitas gangster atau kriminal seperti tawuran tidak banyak memiliki pilihan untuk dapat menggunakan ruang secara bebas.

Dalam banyak kasus, ruang-ruang aktualisasi untuk remaja urban terus mengalami privatisasi. Dikelola oleh swasta dan dikenakan biaya yang tidak murah. Hal tersebut dibuktikan dengan mulai menjamurnya tempat-tempat olah raga dan co-working space yang berbayar. Privatisasi ruang publik jelas menimbulkan permasalahan sosial yang kompleks meskipun privatisasi basisnya pada faktor ekonomi, namun permasalahan yang ditimbulkannya lebih banyak berdimensi sosial.

“Hemat saya peristiwa  tawuran yang terjadi berulang-ulang di banyak kota di Indonesia, salah satunya disebabkan oleh menyempitnya ruang publik bagi remaja, terutama kelas bawah. Kondisi ini tentunya perlu menjadi perhatian pemerintah. Secara fisik perlu ada tempat yang terbuka untuk semua level kelas.  Secara sosial, ruang tersebut harus berisi program-program yang kreatif dan aktual." ungkap Radius yang merupakan alumnus Master Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada.

Selanjutnya ia mengatakan, cara pandang terhadap remaja yang selama ini mengemuka di ruang publik mengandung bias kelas.

“Wacana remaja selama ini banyak didominasi kelas menengah-atas. Anak-anak muda sukses yang diglorifikasi secara berlebihan tanpa benar-benar jujur melihat dari keluarga mana dia berasal. Dalam banyak narasi, remaja kelas bawah dianggap tidak eksis,”katanya.

Terakhir, dalam banyak kasus tawuran yang terjadi akhir-akhir ini, ia menegaskan, peran negara harus hadir dan mengevaluasi terkait beragam kebijakan bahwa ruang publik sangat mungkin bisa diakses dan dinikmati siapa saja, terutama mereka dengan kelas golongan menengah ke bawah. Agar energi anak muda yang berlebih diaktualisasikan dalam ruang kompetisi yang produktif dan tidak diexpresikan dengan kompetisi yang destruktif seperti tawuran.