Tak Melulu jadi Guru, Ini Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Tak Melulu jadi Guru, Ini Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa
Gambar Artikel Tak Melulu jadi Guru, Ini Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa
  • 23 Jul
  • 2024

I-Stockphoto

Tak Melulu jadi Guru, Ini Prospek Kerja Jurusan Biologi yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa

Banyak calon mahasiswa yang mengira bahwa prospek jurusan biologi hanya akan menjadi seorang guru, padahal ada sederet profesi menjanjikan bagi lulusan biologi. Program studi Biologi adalah sebuah program studi yang mendalami ilmu tentang makhluk hidup, manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Beberapa subyek yang dipelajari adalah struktur dan anatomi organisme, genetika, fisiologi, ekologi, perilaku, dan sel molekul yang terdapat pada setiap makhluk hidup.

Ilmu biologi adalah ilmu yang menarik untuk dipelajari. Ketika jurusan yang lain banyak berbicara konsep, teori, hitung-hitungan. Biologi mengajak mahasiswa untuk memahami banyak hal tentang organisme hidup. Kita bisa memahami mengenai seluk beluk makhluk hidup mulai dari unit terkecil alias sel hingga ke ragam spesies yang ada.

Lantas apa saja prospek jurusan biologi?

  1. Ilmuwan Medis

Ilmuwan Medis Adapun lulusan Biologi juga bisa menapaki karir di bidang pekerjaan medis, khususnya di bidang analisis kesehatan atau biomedis. Seseorang juga bisa menjadi ilmuwan ahli serangga, mamalia atau burung yang digunakan untuk pemetaan penyakit yang berasal dari hewan.

2. Teknisi Laboratorium

Untuk lulusan dari jurusan biologi bisa memilih karir sebagai teknisi laboratorium. Tugas seorang teknisi laboratorium adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pekerjaan di institusi pendidikan tinggi atau sekolah. Laboran bertugas mengecek alat-alat laboratorium secara berkala.

3.Analis Laboratorium

Sedangkan prospek kerja lainnya yang bisa kamu pilih yaitu menjadi analis laboratorium. Kemampuan analisis laboratorium bisa berpeluang kerja di BPOM, laboratorium analisis kesehatan, laboratorium uji bahan dan masih banyak lembaga lain.

4. Guru

Lulusan sarjana Biologi bisa memilih karir sebagai seorang guru di SMP atau SMA. Kamu bisa memulai langkah menjadi guru honorer atau lembaga bimbingan belajar. Kalau kamu mengikuti tes CPNS dan berhasil, gaji pokok dan tunjangan bernilai jutaan menunggumu. Tetapi saingan juga sangat banyak.

5. Biopreuner

Seseorang bisa memilih karir di dunia bisnis dengan menjadi pengusaha. Tidak semua lulusan Biologi bakal menjadi orang yang berkutat dengan medis atau penelitian. Kamu bisa mengubah pandangan tersebut dengan menjadi seorang wirausaha. Tentu kamu tetap bisa memanfaatkan ilmu yang didapat selama di bangku sekolah misalnya budidaya jamur, budidaya tanaman dan lain-lain.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan biologi, tentunya Prodi Biologi UM Surabaya sangat layak menjadi pilihan, selain fasilitas yang lengkap juga kapasitas dosen yang kompeten yang tidak perlu diragukan. Tidak hanya itu, calon mahasiswa juga bisa mendaftar dengan beragam beasiswa yang masih tersedia. 

Info selengkapnya pendaftar bisa mengunjungi laman resmi UM Surabaya https://www.um-surabaya.ac.id atau nomor official 085852446337