Dosen UM Surabaya Paparkan Keutamaan Puasa Syawal

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Dosen UM Surabaya Paparkan Keutamaan Puasa Syawal
Gambar Artikel Dosen UM Surabaya Paparkan Keutamaan Puasa Syawal
  • 05 Mei
  • 2023

Ilustrasi gambar (Shutterstock)

Dosen UM Surabaya Paparkan Keutamaan Puasa Syawal

Satu bulan penuh puasa Ramadhan dan merayakan hari Idul Fitri telah terlewati, lalu apa lagi amalan yang menjadi keutamaan di bulan Syawal? Salah satunya adalah anjuran berpuasa sunnah selama enam hari Syawal. Anjuran tersebut bersumber dari hadits:

“Sungguh Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian diiringi dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa sepanjang tahun.” (HR Muslim no 1164)

Lantas apa saja keutamaan Puasa Syawal? Hal tersebut disampaikan Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) UM Surabaya M Febriyanto Firman Wijaya.

Pertama, salah satu Puasa Sunnah menjadi perisai dari api neraka, seperti hadits Dari Dari Abi Sa’id al-Khudri r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa berpuasa pada suatu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka selama 70 tahun. (HR. Al Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, Ahmad, ad Darimiy, dan Ibnu Majah).

Kedua, mendapat pahala puasa selama satu tahun penuh.

“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal.” (HR. Ibnu Majah)

Maka keutamaan inilah yang akan didapat jika melakukan Puasa Syawal, sedangkan untuk pelaksanaannya tidak ada ketentuan khusus, boleh dilakukan berurutan langsung enam hari atau acak. Dengan kata lain, puasa Syawal dilaksanakan antara tanggal 2 sampai dengan 30 Syawal dan cara pelaksanaannya bisa dengan berturut-turut, atau secara terpisah-pisah.

Ketiga, malaikat akan bersholawat atas orang yang berpuasa. Seperti hadits dari Abi Qatadah, dari Nabi SAW (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Ada seseorang bertanya kepada Nabi SAW bagaimana pendapat anda tentang puasa Arafah? Nabi SAW menjawab: Puasa Arafah itu dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan yang tersisa. Kemudian orang tadi bertanya lagi: Bagaimana tentang puasa Asyura’? Nabi saw. menjawab: Puasa Asyura’ dapat menghapus dosa yang telah lalu. (HR. Ahmad).

Tiga keutamaan bagi yang menjalankan Puasa Syawal ini bisa menjadi amalan tambahan bagi kita. Karena bulan Syawal juga sudah tinggal beberapa minggu lagi, mari tunaikan salah satu puasa sunnah yang banyak akan keutamaan yang akan diperoleh.