Dosen UM Surabaya: Minum Kopi Secara Berlebihan Picu Seseorang Alami Anemia hingga Diabetes

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Dosen UM Surabaya: Minum Kopi Secara Berlebihan Picu Seseorang Alami Anemia hingga Diabetes
Gambar Artikel Dosen UM Surabaya: Minum Kopi Secara Berlebihan Picu Seseorang Alami Anemia hingga Diabetes
  • 05 Jul
  • 2022

Ilustrasi gambar (Shutterstock)

Dosen UM Surabaya: Minum Kopi Secara Berlebihan Picu Seseorang Alami Anemia hingga Diabetes

Minum kopi sudah menjadi gaya hidup masa kini, selain rasanya yang nikmat dan bisa mengurangi kantuk, mengkonsumsi kopi dianggap menjadi suatu kewajiban sebelum orang-orang melakukan aktivitas. Padahal dibalik nikmatnya kopi, ada bahaya tersembunyi jika minuman tersebut dikonsumsi berlebihan.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Ira Purnmasari menjelaskan beberapa bahaya yang ditimbulkan jika seseorang terlalu banyak konsumsi kopi. Menurut Ira salah satu dampaknya adalah gangguan pencernaan.

“Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan hingga muncul gejala nyeri pada ulu hati dan diare, hingga berisiko mengalami GERD (gastroesophageal reflux disease) yakni asam lambung naik hingga kerongkongan yang mengakibatkan dada dan tenggorokan terasa panas dan terbakar,”jelas Ira Selasa (5/7/22)

Menurut Ira, dampak lain adalah hipertensi dan penyakit jantung. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang pengeluaran hormon adrenalin lebih banyak, yang dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah (hipertensi) dan membuat jantung berdebar lebih cepat. Hal ini memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh, yang lama kelamaan akan menyebabkan kelemahan pada jantung.

Menurutnya lagi, anemia juga salah satu dampak bahaya lainnya. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh, dimana zat besi dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah merah, dimana di dalam sel darah merah ini terdapat hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

“Jadi secara otomatis jika kita mengkonsumsi kopi secara berlebihan maka akan mengakibatkan anemia yang lebih atau dikenal penyakit kurang darah, dengan munculnya gejala seperti 5 L (lesu, lelah, letih, lemah, lalai),”jelasnya lagi.

Selanjutnya adalah insomnia. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang aktivitas saraf dan otak, hal ini yang membuat seseorang tidak mengantuk, menyebabkan gangguan tidur di malam hari (insomnia), muncul rasa segar berlebihan yang lama kelamaan mengakibatkan rasa cemas, gelisah, dan gugup.

“Terakhir adalah diabetes, kopi yang dikonsumsi sewajarnya mempunyai dampak baik bagi kesehatan, akan tetapi jika dikonsumsi berlebih ditambah dengan gula dan susu tinggi lemak, maka akan mengakibatkan peningkatan kadar gula darah (diabetes),”pungkasnya.