Dosen UM Surabaya: Kebiasaan Minum Ini Bisa Buat Berat Badan Cepat Naik

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Dosen UM Surabaya: Kebiasaan Minum Ini Bisa Buat Berat Badan Cepat Naik
Gambar Artikel Dosen UM Surabaya: Kebiasaan Minum Ini Bisa Buat Berat Badan Cepat Naik
  • 10 Jun
  • 2023

Ilustrasi gambar: (Getty Images/PonyWang)

Dosen UM Surabaya: Kebiasaan Minum Ini Bisa Buat Berat Badan Cepat Naik

Sekitar 75% dari total berat badan seseorang adalah air. Karena itu air menjadi salah satu kebutuhan pokok paling penting bagi setiap makluk hidup termasuk manusia. Rata-rata kebutuhan air pada orang dewasa antara 2 hingga 2,5 liter perhari.

Air yang boleh diminum adalah air mineral karena memiliki kandungan mineral yang cukup yaitu antara 100 sampai 500 mg/l, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral. Kandungan mineral pada air diantaranya seperti kalsium, magnesium, natrium, dan sebagainya.

Firman Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menjelaskan, air memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yang pertama untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, berfungsi untuk melarutkan nutrisi dari makanan yang manusia konsumsi. Air juga berperan untuk menjaga keseimbangan asam basah yang sangat penting bagi tubuh.

“Selain itu air sangat penting untuk menjaga konsentrasi dan fungsi otak secara optimal. Sebab ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh, bisa menyebabkan penurunan konsentrasi dan kelelahan. Untuk itu minum air mineral yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh kita,”ujar Firman Sabtu (10/6/23)

Sementara itu akibat rendahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya air mineral bagi tubuh, kebanyakan masyarakat justru lebih meminati minuman yang kurang sehat, salah satunya bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Beberapa alasan diantaranya karena air mineral rasanya tawar, sementara minuman yang manis lebih disukai dan diminati.

Berikut jenis minuman yang bila menyebabkan kenaikan berat badan berlebih, yang pertama jus buah yang ditambahi gula. Sebab gula menjadi salah satu penyumbang kalori yang sangat tinggi. Sehingga bila terlalu sering mengkonsumsi tanpa disertai dengan aktivitas fisik dan olahraga yang cukup bisa menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

Kedua minuman bersoda, karena minuman soda mengandung jumlah gula yang tinggi dan biasanya tidak memberikan rasa kenyang. Akibatnya intensitas makan juga akan meningkat, sehingga konsumsi minuman bersoda secara rutin dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Ketiga adalah konsumsi minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman keras lainnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan atau secara rutin, karena alkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi dan sering kali diabaikan dalam perhitungan kalori harian.

Keempat minuman kopi yang mengandung banyak krim, gula, dan tambahan kalori lainnya. Sebab hal ini dapat menimbulkan penimbunan kalori secara berlebihan yang juga dapat mengganggu keseimbangan gula darah, bahkan tidak hanya terjadi kenaikan berat badan namun juga meningkatkan risiko penyakit diabetes atau kencing manis.

“Oleh karena itu menjaga berat badan yang ideal sangat penting, sebaiknya membatasi konsumsi minuman-minuman yang mengandung kalori tinggi dan gula tambahan. Minum air putih biasa atau air mineral, teh herbal tanpa gula tambahan, atau air lemon dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk menghindari peningkatan berat badan yang cepat,”pungkas Firman.