Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik
Gambar Artikel Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik
  • 01 Mei
  • 2022

Ilustrasi gambar (Shutterstock)

Dosen UM Surabaya Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Setelah dua tahun Pemerintah melarang untuk mudik, tahun 2022 pemerintah akhirnya kembali mengizinkan masyarakat untuk mudik lebaran ke kampung halaman masing-masing. Dosen Fakultas Teknik UM Surabaya Lukman Hakim memberikan beberapa tips agar rumah tetap aman saat di tinggal mudik.

“Nyalakan lampu teras dan beberapa ruang hal ini bertujuan agar rumah terlihat ada yang menghuni dan kunci pintu dan jendela dengan rapat,”jelas Lukman Minggu (1/5/22)

Selanjutnya adalah mencabut aliran listrik, alat elektronik dan gas seperti perangkat televisi, radio, lemari es, mesin cuci, dispenser, dan lain sebagainya.Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting, serta menghindari terjadinya kebocoran karena gas. Karena kedua hal itu dapat berbahaya jika terjadi sesuatu yang salah menyebabkan kebakaran.

“Mematikan saluran air dan keran, terkadang saat kita meninggalkan rumah, berpergian ataupun mudik hal yang sering kali terlewatkan adalah lupa mematikan saluran air keran. Mematikan keran bertujuan untuk mengurangi anggaran biaya rumah tangga serta menghindari air yang terbuang sia-sia. Menyalakan saluran air dan keran ketika meninggalkan rumah saat mudik berisiko terjadinya kebocoran sehingga air meluap terbuang,”imbuhnya lagi.

Menurutnya seseorang yang melakukan mudik penting untuk menyimpan atau membawa barang berharga, seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah, dan lain sebagainya sebaiknya tidak di tinggalkan di rumah. Simpan di dalam brankas atau lemari yang memiliki kunci.

Titip rumah pada seseorang yang dipercaya, sebelum meninggalkan rumah saat mudik ada baiknya untuk menitipkan rumah kepada tetangga atau kerabat yang kita percayai. Mengabari tetangga yang tidak mudik bertujuan agar rumah yang kita tinggal mudik ada yang memantau demi menjaga rumah dalam keadaan tetap aman.

Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membersihkan area rumah,apabila kita meninggalkan rumah untuk mudik lebaran memiliki durasi waktu yang lama, jangan lupa untuk membersihkan rumah, tutup semua lubang pembuangan. Buang sampah dan bersihkan sisa-sisa makanan. Hal ini dilakukan supaya ketika meninggalkan rumah saat mudik, rumah dalam kondisi bersih dan terhindar dari datangnya nyamuk, tikus dan kecoa karena rumah yang kotor.

“Bagi yang ingin bisa memantau keadaan rumah disarankan untuk memasang kamera CCTV. Anda bisa memasang CCTV di beberapa titik lokasi rumah seperti di bagian halaman, garasi, kamar tidur dan ruang tamu,”jelasnya.

Terakhir adalah melapor RT atau RW dan petugas keamanan setempat, ada baiknya seseorang yang mudik melapor kepada petugas keamanan, satpam kompleks dan tetangga bahwa anda akan pergi selama libur lebaran untuk mudik ke kampung halaman. Berikan