Dosen FK UM Surabaya: Lakukan Ini Jika Anak Terkena Demam Tifoid

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Dosen FK UM Surabaya: Lakukan Ini Jika Anak Terkena Demam Tifoid
Gambar Artikel Dosen FK UM Surabaya: Lakukan Ini Jika Anak Terkena Demam Tifoid
  • 25 Okt
  • 2022

Ilustrasi gambar (Thinkstock)

Dosen FK UM Surabaya: Lakukan Ini Jika Anak Terkena Demam Tifoid

Demam tifoid atau tipes merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Bakteri ini biasanya ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditularkan dari orang yang terinfeksi.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya Gina Noor Djalilah menyebut jika pengobatan antibiotik menjadi satu-satunya pengobatan paling efektif untuk demam tifoid. Menurutnya ada beberapa penangaan yang dapat dilakukan.

Pertama, perbanyak minum air putih. Minum air saat sakit tipes membantu mencegah dehidrasi yang diakibatkan oleh demam dan diare yang berkepanjangan. Jika mengalami dehidrasi parah, dokter akan memberikan cairan melalui pembuluh vena (infus).

Kedua, supaya lekas sembuh istirahat merupakan hal yang membantu proses pemulihan penyakit ini. Usahakan untuk tidak melakukan berbagai kegiatan berat yang menguras tenaga agar kondisi tubuh bisa segera fit dan terhindar dari komplikasi tipes.

Ketiga, makan-makanan yang mudah dicerna. Tipes merupakan salah satu penyakit gangguan pada usus, maka dianjurkan makan-makanan yang mudah dicerna, seperti bubur dan makanan lunak lain.

“Dengan begitu, kerja usus menjadi lebih ringan. Makan makanan yang mudah dicerna juga membuat nutrisi di dalam makanan lebih cepat diserap oleh tubuh,”pungkas Gina.