Dosen FK UM Surabaya Bagikan Tips Cegah Kulit Kusam dan Flek Hitam di Wajah

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Dosen FK UM Surabaya Bagikan Tips Cegah Kulit Kusam dan Flek Hitam di Wajah
Gambar Artikel Dosen FK UM Surabaya Bagikan Tips Cegah Kulit Kusam dan Flek Hitam di Wajah
  • 24 Okt
  • 2022

Ilustrasi gambar (freepik)

Dosen FK UM Surabaya Bagikan Tips Cegah Kulit Kusam dan Flek Hitam di Wajah

Kulit kusam dan flek hitam menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Khususnya bagi para perempuan di Indonesia. Letak geografis Indonesia yang berada di daerah tropis dengan sinar matahari tinggi menyebabkan paparan sinar matahari yang berdampak pada tanda-tanda penuaan dini termasuk flek hitam dan kulit kusam.

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) UM Surabaya Neny Triastuti yang juga Dokter Kecantikan membagikan sejumlah tips cegah kulit kusam dan flek hitam di wajah.

Menurut Neny yang pertama adalah penggunaan SPF. Sun Protection Factor atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit untuk mencegah cahaya matahari agar tidak langsung menyerang permukaan kulit sehingga menyebabkan kerusakan kulit seperti flek hitam dan kulit terasa terbakar. Seseorang bisa menggunakan SPF dengan kadar 25 hingga 48.

Kedua perbanyak konsumsi air putih. Hampir 90% dari komposisi tubuh kita terdiri dari air. Kulit merupakan bagian tubuh yang memerlukan kadar air untuk mencegah kekeringan yang dapat merusak wajah.

“Selalu jaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi dengan minum air putih minimal 8 gelas perhari pada orang dewasa,”tutur Neny Senin (24/10/22)

Ketiga memakai pelindung. Pelindung wajah seperti menggunakan topi atau payung dapat membantu mencegah wajah terpapar dari sinar matahari yang berbahaya bagi kulit.

Keempat kurangi aktivitas luar pada siang hari. Sinar matahari pada siang hari dapat mudah sekali merusak kulit wajah. Disarankan untuk menghindari aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Kelima jangan sembarangan membersihkan wajah. Jerawat tentu sangat mengganggu penampilan. Tetapi apabila sembarangan menekan jerawat tidak bersih atau dengan tangan atau bahan yang tidak steril, ini akan berisiko menyebabkan kerusakan pada wajah berupa flek akibat luka penekanan pada jerawat.

Keenam perawatan dengan masker. Masker merupakan produk wajah yang berguna untuk membersihkan dan mencerahkan wajah. Masker juga dapat membantu mencegah flek wajah yang dapat muncul kapan saja.

“Masker wajah dapat membantu memanjakan kulit karena kandungn vitamin, mineral dan zat alami lainnya untuk merawat wajah,”imbuhnya lagi.

Terakhir konsumsi vitamin. Vitamin dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Mengkonsumsi vitamin alami dapat ditemukan dari konsumsi jus buah-buahan atau mengonsumsi suplemen vitamin seperti vitamin C dan E. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah flek hitam pada wajah.