Begini Syarat Mendapatkan Beasiswa KIP-K UM Surabaya

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Begini Syarat Mendapatkan Beasiswa KIP-K UM Surabaya
Gambar Artikel Begini Syarat Mendapatkan Beasiswa KIP-K UM Surabaya
  • 14 Jul
  • 2022

Ilustrasi gambar KIP-K (beasiswa.id)

Begini Syarat Mendapatkan Beasiswa KIP-K UM Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) membuka kesempatan bagi siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu melalui jalur beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) tahun 2022. Beasiswa KIP-K UM Surabaya telah memasuki gelombang 3 yang telah dibuka sejak 1 Juli 2022 hingga 23 Agustus 2022 dan akan diumumkan pada 31 Agustus mendatang.

Beasiswa KIP-K merupakan program bantuan pendidikan dari pemerintah melalui Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kepada siswa lulusan SMA,MA,SMK (sederajat) berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan perluasan akses dan kesempatan di perguruan tinggi bagi mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak mampu secara ekonomi.

Kepala Lembaga Informasi dan Penerimaan Mahasiswa Baru (LIPMB) Radius Setiyawan mengatakan bahwa program beasiswa KIP-K UM Surabaya ada setiap tahun dan jumlah penerimanya sesuai kuota yang diberikan pemerintah.

“Beasiswa KIP-K UM Surabaya sudah memasuki gelombang 3. Sebelumnya di gelombang 1 dan 2 kami telah menseleksi ratusan pendaftar,”jelas Radius Kamis (14/7/22)

Menurutnya puluhan pendaftar yang dinyatakan lolos beasiswa KIP-K gelombang 1 dan 2 telah mengikuti pembekalan dari universitas. Setelah dinyatakan lolos tim UM Surabaya akan melakukan kunjungan ke rumah guna mengetahui tujuan beasiswa KIP-K tepat sesuai sasaran.

“Saat ini UM Surabaya sudah diberikan kepercayaan penuh oleh pemerintah, sehingga semua fakultas di UM Surabaya bisa diakses melalui jalur beasiswa KIP-K , kecuali Fakultas Kedokteran (FK).”tegasnya lagi.

Radius juga menambahkan bahwa proses pendaftaran hingga penggunggahan berkas beasiswa KIP-K UM Surabaya secara online.

“Calon mahasiswa bisa mengunggah berkas persyaratan mulai dari nilai raport semester I-V dengan nilai minimal 7,5, melampirkan foto kondisi rumah, melampirkan kartu KIP atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kepala desa,”imbuh Radius.

Lebih lanjut lagi, Radius menjelaskan bahwa peminat beasiswa KIP-K setiap tahun selalu membludak. Pendaftar melebihi kuota yang telah ditetapkan.

Banyaknya jumlah pendaftar beasiswa KIP-K UM Surabaya mengindikasikan bahwa UM Surabaya adalah pilihan banyak calon mahasiswa memilih pendidikan. Universitas akan terus berkomitmen membantu pemerintah dalam memutus rantai kemiskinan, salah satunya melalui pendidikan sekaligus meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar bagi siapa saja.

Di akhir paparannya Radius juga menambahkan untuk info seputar beasiswa di UM Surabaya, calon mahasiswa bisa mengunjungi laman resmi UM Surabaya melalui um-surabaya.ac.id.