Ahli IT UM Surabaya Bagikan 8 Tanda HP Terkena Sadap

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Ahli IT UM Surabaya Bagikan 8 Tanda HP Terkena Sadap
Gambar Artikel Ahli IT UM Surabaya Bagikan 8 Tanda HP Terkena Sadap
  • 16 Nov
  • 2022

Ilustrasi gambar (Shutterstock)

Ahli IT UM Surabaya Bagikan 8 Tanda HP Terkena Sadap

Penyadapan Handphone (HP) terjadi ketika peretas menggunakan jaringan seluler atau perangkat lunak melalui aplikasi seluler untuk mengikuti aktivitas dan memantau percakapan. Lantas bagimana cara mengetahui HP seseorang terkena sadap?

Ahli IT UM Surabaya Taufiqurrahman membagikan 8 tanda jika HP terkena sadap. Menurutnya, yang pertama adalah suara yang tidak biasa selama panggilan telpon.

Taufiq menjelaskan, jika ada suara statis  atau suara jauh yang masuk melalui ponsel selama percakapan, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa HP sedang diintai.

Kedua, mengalami masalah  ketika mematikan. HP yang tiba-tiba kurang responsif atau sulit dimatikan sangat mungkin mendapatkan akses tidak sah ke ponsel tersebut.

“Saat mematikan telepon, periksa untuk melihat apakah penonaktifan gagal atau apakah lampu latar tetap menyala, bahkan setelah kita  menyelesaikan proses penonaktifan. Jika itu masalahnya, pelakunya bisa jadi perangkat lunak berbahaya,”tutur Taufiq Rabu (16/11/22)

Ketiga interferensi elektronik. Periksa apakah ada gangguan statis saat tidak sedang menelepon dengan cara meletakkan ponsel  di dekat perangkat elektronik lain, jika kita  mendengar suara yang tidak biasa, itu pertanda bahwa seseorang mendengarkan panggilan kita.

Keempat aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga adalah sumber potensial untuk malware dan spyware. Jika kita baru saja mengunduh aplikasi selain App Store atau Google Play Store, itu adalah penyebab lain dari Malware.

“Berhati-hatilah dengan aplikasi apa pun, terutama game, yang meminta izin untuk mengakses riwayat panggilan, buku alamat, atau daftar kontak kita,”imbuhnya lagi.

Kelima tagihan paket data internet  yang tidak wajar. Jika tagihan paket data internet menunjukkan lonjakan yang luar biasa tinggi dalam penggunaan teks atau data, ini adalah tanda lain bahwa seseorang telah meretas telepon.

“Jika kita baru saja mengunduh aplikasi baru yang menggunakan banyak data, itu bisa menjadi alasan yang sah untuk penggunaan data yang tiba-tiba meningkat,”katanya.

Keenam kapasitas baterai berkurang drastis. Performa baterai yang berkurang adalah indikasi lain dari ponsel yang disadap. Jika ponsel disadap, itu merekam aktivitas dan mengirimkannya ke pihak ketiga. Ini meninggalkan jejak dalam bentuk peningkatan penggunaan baterai dan akibatnya baterai kehilangan masa pakai lebih cepat.

Ketujuh menerima SMS yang tidak biasa. Jika seseorang menerima pesan teks aneh yang berisi angka, simbol, atau karakter acak, hal tersebut adalah fitur remote control perangkat lunak mata-mata bekerja dengan mengirimkan pesan teks kode rahasia ke HP. Pada beberapa kasus ini dapat dilihat jika perangkat lunak tidak bekerja dengan benar dan terjadi secara teratur.

Terakhir adanya aktivitas aneh. Cara termudah untuk mendeteksi jika ponsel seseorang disadap adalah dengan memperhatikan aktivitas aneh apa pun yang dialami HP secara tiba-tiba.

“Jika menyala, mati, menyala, atau mengunduh aplikasi dengan sendirinya, artinya perangkat HP sedang dikendalikan oleh peretas,”pungkas Taufiq.