Ada 10 Juta Gen Z Pengangguran, Dosen UM Surabaya Ingatkan agar Anak Muda Tidak Hanya jadi Komoditas Politik

  • Beranda -
  • Artikel -
  • Ada 10 Juta Gen Z Pengangguran, Dosen UM Surabaya Ingatkan agar Anak Muda Tidak Hanya jadi Komoditas Politik
Gambar Artikel Ada 10 Juta Gen Z Pengangguran, Dosen UM Surabaya Ingatkan agar Anak Muda Tidak Hanya jadi Komoditas Politik
  • 22 Mei
  • 2024

FOTO KOMPAS/PRIYOMBODO

Ada 10 Juta Gen Z Pengangguran, Dosen UM Surabaya Ingatkan agar Anak Muda Tidak Hanya jadi Komoditas Politik

Radius Setiyawan Dosen Kajian Budaya dan Media UM Surabaya turut memberikan tanggapan soal viralnya kabar yang menyebut ada 10 juta Gen Z di Indonesia yang menganggur. Hal tersebut berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang melaporkan bahwa terdapat 9,9 juta anak muda usia 15-24 tahun di Indonesia yang tidak beraktivitas produktif dari total 44,47 juta anak muda usia 15-24 tahun atau sekitar 22,25% pada Agustus 2023.

“Tingginya angka pengangguran Gen Z tentu mengejutkan kita semua, pasalnya dalam wacana publik Gen Z kerap dicitrakan sebagai generasi yang kreatif, adaptif, melek teknologi dan label-label fantastis,”ujar Radius Rabu (22/5/24)

Menurutnya, fenomena soal citra Gen-Z yang banyak dibicarakan di ruang publik bisa jadi berbeda dengan realitas sebenarnya. Dalam konteks Indonesia kita menemukan banyak Gen-Z yang kurang beruntung dalam hal pekerjaan dan kesuksesan.

“Banyak sekali Gen Z yang tidak mempunyai previllage dan harus berjuang mati-matian dengan segala keterbatasan untuk bisa bertahan hidup dan mendapatkan pekerjaan. Perbedaan antara citra Gen-Z di ruang publik digital dan realitas jelas menimbulkan persoalan. Anak muda hidup dalam gelembung citra yang jelas mengkhawatirkan,”imbuh Radius lagi.

Menurut Radius narasi pemerintah dan pemberitaan media kepada Gen Z justru menunjukkan bias kelas. Artinya wacana Gen Z yang muncul di media sebenarnya didominasi oleh mereka yang memiliki privellege atau golongan menengah ke atas. Sementara Gen Z kelas bawah yang jumlahnya jelas lebih banyak kehadirannya kurang mendapat perhatian.

Selanjutnya, Radius menegaskan tingginya angka penggangguran tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Anak muda kelas menengah ke bawah yang jumlahnya cukup besar dan tidak mempunyai previllage harus menjadi perhatian dan mendapatkan akses khusus atau fasilitas.

Menurutnya, dalam banyak ruang kampanye politik, anak muda sering kali menjadi bahan komoditas untuk mendulang suara. Fenomena tingginya angka penganguran adalah bukti bahwa narasi anak muda hanya sebagai objek yang dieksploitasi.

“Artinya Gen Z yang tidak memiliki privallage ini tidak hanya dijadikan komoditas politik dan dibicarakan jelang kontestasi politik saja, namun dalam praktiknya juga harus mendapatkan perhatian serius dan dilibatkan dalam kebijakan. Kalau hal tersebut dilakukan akan mampu menekan jumlah pengangguran dan menyelesaikan beragam persoalan yang ada,”pungkas Radius.