5 Alasan Mengapa Surabaya Layak Menjadi Tempat Kuliah

  • Beranda -
  • Artikel -
  • 5 Alasan Mengapa Surabaya Layak Menjadi Tempat Kuliah
Gambar Artikel 5 Alasan Mengapa Surabaya Layak Menjadi Tempat Kuliah
  • 15 Jul
  • 2022

Ilustrasi gambar patung Suru dan Boyo (jatim.network)

5 Alasan Mengapa Surabaya Layak Menjadi Tempat Kuliah

Kota besar selalu menjadi tujuan para pendatang termasuk calon mahasiswa yang hendak menempuh pendidikan tinggi. Salah satu kota besar yang memiliki banyak pilihan perguruan tinggi negeri atau swasta berkualitas adalah Surabaya. Bagi kamu yang sedang mencari tempat kuliah dan masih bingung menentukan jurusan. Kamu wajib tahu 5 alasan memilih Kota Surabaya sebagai tempat kuliah.

1.Letak Strategis dan Akses Pendidikan Tinggi yang Kredibel

Surabaya memiliki letak geografis yang tepat sehingga layak menjadi tujuan para calon mahasiswa dari seluruh wilayah di Indonesia. Tak hanya calon mahasiswa dari Jawa Timur dan kabupaten sekitar Surabaya saja, di Surabaya kamu akan bertemu mahasiswa dari Aceh hingga Papua. Banyak pula pelajar dari Madura, Jateng, Bali yang memilih kuliah di kota pahlawan ini.

Selain itu juga, Surabaya merupakan pusat kota tujuan para pendatang lokal atau keturunan. Tak heran kota ini memiliki penduduk multietnis seperti Tionghoa, India, Arab dan lainnya.

Jika kalian sedang mencari perguruan tinggi swasta terbaik di Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) layak menjadi pilihan. Pasalnya UM Surabaya menyediakan 8 Fakultas, 30 Program Studi serta 3 Program Pascasarjana. Tak hanya itu, UM Surabaya juga masuk top 10 universitas terbaik se-Surabaya versi UniRank.

2. Fasilitas Publik Memadai

Kuliah di Kota Surabaya bisa membuat kamu lebih nyaman dengan fasilitas publik yang memadai. Sarana transportasi lengkap mulai bus kota, bus antar kota, taksi, kereta, pesawat, dan lain-lain. Mau naik kendaraan pribadi dari kos ke kampus atau menggunakan kendaraan umum? Di Surabaya, kamu tidak akan bingung dengan fasilitas transportasi sebab kota besar di Jawa Timur ini memiliki akses transportasi yang lengkap.

3. Wisata Kuliner yang Enak dan Murah

Mau makan rujak cingur khas Surabaya, soto balap, sate klopo, tahu campur, dan masih banyak referensi kuliner enak lain. Soal harga makanan, tidak akan bikin kantong bolong. Tidak hanya menu Suroboyoan, menu khas makanan daerah seperti Lamongan, Solo, Madura akan banyak sekali ditemukan di Surabaya. Jadi untuk kalian yang anak rantau tidak perlu khawatir ya. Soal harga, kamu bisa mencari tempat makan di pinggir jalan yang murah meriah. Uang 10-20 ribu bisa membuat perut kamu kenyang sekali makan.

4. Kota Seribu Taman

Surabaya saat ini memiliki sekitar 1.900 taman. Taman itu tersebar di seluruh daerah Surabaya. Selain taman, pemerintah Surabaya juga membuat sekitar 574 lapangan olahraga.

Adanya taman membuat kota Surabaya terlihat rapi dan bersih. Karena hal itulah Surabaya mendapat berbagai penghargaan. Melansir dari bobo.grid.id Pemerintah Surabaya telah menerima beberapa penghargaan, salah satunya: Penghargaan Special Mention Lee Kuan Yew World City Prize 2018 dan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018. Penghargaan itu membuat Surabaya dikenal sebagai kota taman di Indonesia.

Sebagai mahasiswa di Kota Surabaya kamu bisa memanfaatkan taman ini untuk bersantai dan mengerjakan tugas, karena disana terdapat jaringan internet dengan Wi-Fi gratis.

Taman di Surabaya juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga. Hal itu membuat warga pengunjung bisa menikmati pemandangan taman yang indah sambil berolahraga.

5. Tempat Hiburan Lengkap dan Destinasi Wisata yang Memukau

Sebagai kota besar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki aneka tempat hiburan lengkap. Buat kamu yang suka nongkrong, bisa memilih deretan kafe menarik dan instagramable di Surabaya. Mau jalan-jalan ke mall, makan di foodcourt, nonton bioskop atau sekadar wisata belanja, Surabaya dijamin paling lengkap.

Tak hanya itu, jika kalian bosan dengan suasana perkotaan khas Surabaya, kamu bisa memilih liburan di Pantai Kenjeran atau menyeberang ke Pulau Madura lewat jembatan Suramadu. Jika ingin menikmati wisata bernuansa sejarah kamu bisa mengunjungi Tugu Pahlawan, Benteng Kedung Cowek, Museum Pendidikan, Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum WR Soepratmandan wisata sejarah lainnya.

Lima alasan memilih kuliah di Surabaya ini bisa menjadi referensi buat kamu yang hendak lulus SMA/MA/SMKSederajat. Yuk, pilih tempat belajar yang kondusif agar kamu bisa meraih semua impian dan cita-cita.