Seminar Nasional, Peran Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam Gerakan Anti-Korupsi di Indonesia

Tanggal Posting 2016-12-26 22:12:13

UMSurabaya–Selasa (13/12) Dengan mengusung tema “Kampus Dalam Membaca Strategi Pemberantasan korupsi  di Jawa Timur” Mahasiswa Fakultas Hukum  UMSurabaya  bekerja sama  dengan KPK RI melakukan kegiatan PKP-KA( pusat kajian pengembangan anti korupsi ) . Yang bertujuan untuk menerapkan  nilai-nilai pendidikan anti korupsi kepada mahasiswa. Masih dalam bulan anti korupsi setelah melakukan  serangkaian acara mulai dari kegiatan Kuliah Tamu Internasional yang mengundang pemateri dari Vietnam dan Malaysia. Kini Mahasiswa Fakultas Hukum melakukan acara “LAUNCHING PKP-AK DAN SEMINAR NASIONAL” sekalihgus Pelantikan Penguirus BEM Fakultas Hukum UMSurabaya.

        Wakil Rektor I Bapak ,Abdul  Aziz Alimul Hidayat, S.Kep.,Ns.,M.Kes. Mengatakan bahwa  Kegiatan Anti Korupsi seringkali hanya mewadahi pada bentuk sosialisasi, Harapannya tidak hanya sebagai pusat nama, Tetapi juga harus dilakukanya bentuk kegiatan yang intensif  dengan melibatkan mahasiswa-mahasiswa UMSurabaya , Ujarnya. 

        Korupsi merupakan tindak pidana yang sudah tradisional, Karena pada abad ke II korupsi sudah ada sehingga  memerlukan upaya-upaya yang banyak dari masyarakat khususnya kepada mahasiwa untuk melakukan strategi pemberantasan korupsi  sehingga mahasiswa Fakultas Hukum mengadakan kajian local yakni Pusat Kajian Pemberantasan Anti Korupsi (PKP-AK) yang telah Resmi di Buka  oleh  Wakil Rektor  I ,Komisioner KPK serta Dekan Fakultas Hukum di Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Dalam acara Launching PKP-AK dan Seminar Nasional banyak membahas terkait sinergisitas  Gerakan Anti-Korupsi oleh Masyarakat Sipil dan Perguruan Tinggi. Sebagai kepentingan bersama upaya menengakan peradilan bersih tidak bisa dimonopoli.

Koordinator Penghubung Komisi Yudisial Bapak, Dizar Al Farisi mengatakan Judicial korupsi yakni perbuatan yang bersifat Sistematis,Konspiratif dan Kolektif serta struktur yang di lakukan oleh actor tertentu, Ujarnya.(Eva & Hasan).


ALL Warta Kampus
KAMPUS SEJUTA INOVASI

Hubungi Kami


    Universitas Muhammadiyah Surabaya
    Jalan Sutorejo No 59
    Surabaya, Jawa Timur , Indonesia 60113
    Telp. +62 31 381 1966
    Fax. +62 31 381 3096
    email: rektorat@um-surabaya.ac.id
    Website: www.um-surabaya.ac.id

    Peta Kampus
    LOKASI